Sejarah Flow Chart

1. Sejarah Flowchart
Metode terstruktur pertama untuk mendokumentasikan aliran proses, ” bagan aliran proses “, diperkenalkan oleh Frank Gilbreth kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME) pada tahun 1921 dalam presentasi “Proses Grafik-Langkah Pertama di Menemukan Satu Cara Terbaik “. Alat Gilbreth dengan cepat menemukan cara mereka ke teknik industri kurikulum. Pada awal 1930-an, seorang insinyur industri, Allan H. Mogensen mulai melatih orang bisnis dalam penggunaan beberapa alat teknik industri pada Pertemuan Kerja Penyederhanaan di Lake Placid , New York . Lulusan 1944 dari kelas Mogensen yang, Seni Spinanger, mengambil alat kembali ke Procter and Gamble di mana dia mengembangkan Program disengaja mereka Ubah Metode. Lain lulusan 1944, Ben S. Graham , Direktur Teknik Formcraft di Standard Register Corporation, mengadaptasi diagram alir proses pengolahan informasi dengan pengembangan tentang bagan proses multi-aliran untuk menampilkan beberapa dokumen dan hubungan mereka. [3] Pada tahun 1947, ASME mengadopsi serangkaian simbol yang berasal dari karya asli Gilbreth sebagai Standar ASME untuk Grafik Proses. Douglas Hartree menjelaskan bahwa Herman Goldstine dan John von Neumann mengembangkan diagram alur (awalnya, diagram) untuk merencanakan program komputer. [4] akun kontemporer Nya didukung oleh insinyur IBM [5] dan oleh ingatan pribadi Goldstine itu. [6] Pemrograman yang asli aliran grafik dari Goldstine dan von Neumann dapat dilihat dalam laporan yang tidak diterbitkan mereka, “Perencanaan dan pengkodean masalah untuk instrumen komputasi elektronik, Bagian II, Volume 1″ (1947), yang direproduksi dalam karya-karya von Neumann ‘s dikumpulkan. [7] Flowchart digunakan untuk menjadi sarana populer untuk menggambarkan algoritma komputer dan masih digunakan untuk tujuan ini. [8] teknik modern seperti UML diagram aktivitas dapat dianggap ekstensi dari flowchart tersebut. Pada 1970-an popularitas diagram alur sebagai metode sendiri menurun ketika interaktif terminal komputer dan generasi ketiga bahasa pemrograman menjadi alat umum dari perdagangan , karena algoritma dapat dinyatakan jauh lebih ringkas dan readably sebagai kode sumber dalam suatu bahasa , dan juga karena algoritma merancang menggunakan diagram alur lebih mungkin untuk menghasilkan kode spaghetti karena kebutuhan untuk GOTOs untuk menggambarkan melompat sewenang-wenang dalam aliran kontrol. Seringkali pseudo-kode yang digunakan, yang menggunakan idiom umum bahasa tersebut tanpa ketat mengikuti rincian satu tertentu.

Jenis-jenis Flowchart :
Flowchart terbagi menjadi lima jenis, yaitu :
1.      Flowchart Sistem (System FLowchart)
Merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan didalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yanhg ada di dalam sistem.
2.       Flowchart Paperwork / FLowchart Dokumen (Document Flochart)
Flowchart Paperwork menelusuri alur dari data yang ditulis melalui sistem. Flowchart Paperwork juga sering disebbut Flowchart Dokumen.
3.      Flowchart Skematik (Schematic FLowchart)
Flowchart Skematik merupakan bagan yang mirip dengan Flowchart Sistem yang menggambarkan suatu sistem atau prosedur. Perbedaannya bukan hanya menggunakan simbol-simbol flochart standar, tetapi juga menggunakan gambar-gamabar komputer, peripheral, from-from atau peralatan lain yang digunakan dalam sistem.
4.       Flowchart Program  (Program Flochart)
 Flowchart Program merupakan bagan yang menjelaskan keterangan lebih rinci tentang langkah-langkah dari proses program.  Flowchart Program juga dihasilkan dari Flowchart Sistem.
5.      Flowchart Proses (Proses Flowchart)
Flowchart Proses merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri.  Flowchart juga digunakan untuk memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedutr atau sistem.

Contoh Contoh Flowchart :





Post a Comment

Previous Post Next Post