Cara Dapatkan Beasiswa Keluar Negeri






Beasiswa Australia

Informasi lebih lanjut buat caranya klik disini

Beasiswa Australia

Bagi para siswa yang ingin kuliah di Australia, terdapat banyak beasiswa yang di tawarkan. Salah satunya adalah Beasiswa yang secara rutin ditawarkan oleh Universitas. Beasiswa di Australia ini diberikan baik kepada siswa lokal maupun siswa internasional yang memiliki prestasi akademik yang baik dimana beasiswa ini biasanya meliputi uang kuliah, biaya hidup serta biaya perjalanan mereka. Selain menawarkan beasiswa kepada siswa yang tengah belajar, beasiswa dari Universitas ini juga ditawarkan kepada siswa yang sedang dalam tahap mendaftar pada universitas atau institusi tersebut. Untuk mendapatkan beasiswa  ini terdapat beberapa syarat yaitu prestasi akademik yang baik dari tingkat pendidikan yang terakhir, kemampuan berbahasa inggris yang dibuktikan dengan sertifikat IELTS serta kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan social yang telah dilakukan.
Paket Beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas satu dan yang lain berbeda tergantung pada universitas yang bersangkutan. Salah satu contohnya beasiswa yang diberikan kepada siswa dengan program coursework diberikan dana yang hanya dapat untuk membiayai sebagian dari uang kuliah, namun kepada siswa dengan program research diberikan dana yang cukup untuk membayar sampai 100% uang kuliah dan sejumlah uang untuk membayar biaya hidup dan tempat tinggal. 


Selain dari Universitas dan Perguruan Tinggi, terdapat juga beasiswa dari Pemerintah Australia bagi para siswa International. Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Australia ini cukup bersaing dibandingkan dengan Beasiswa dari Universitas. Dikarenakan jumlah mahasiswa yang mendaftar untuk beasiswa ini sangat banyak, disarankan untuk mendaftar lebih cepat agar mendapatkan respon pada waktu yang tepat.
Terdapat beberapa macam beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Australia, diantaranya adalah Australian Awards, Endeavour Scholarships and Fellowships, International Postgraduate Research Scholarships, dan lain sebagainya. 

Bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke Australia untuk S2 atau S3, saat ini sudah ada kerja sama antara Australia dan Indonesia dalam bentuk AusAID (Australian Agency for International Development). AusAid atau yang biasanya dikenal dengan Australian Awards lebih memprioritaskan untuk memberikan beasiswa S3 ke Australia.  Australian Awards ini memiliki 3 jenis yaitu Beasiswa yang mengcover hanya uang kuliah, beasiswa yang hanya mencover  biaya hidup dan tempat tinggal dan beasiswa yang mengcover keseluruhan dari uang kuliah, biaya hidup sampai tempat tinggal.
Selain Australian Awards, terdapat pula Endeavour Scholarships and Fellowships untuk siswa International yang menginginkan untuk kuliah Diploma, S1, S2 dan S3 di Australia menggunakan beasiswa. Beasiswa ini diberikan Beasiswa ini memberikan dana sebesar $AUD 3000 untuk biaya perjalanan, $AUD 4000 tunjangan establishment, $AUD 3000 uang saku per bulan  selama masa kuliah, Asuransi kesehatan dan perjalanan. Selain itu para penerima beasiswa ini juga akan diberikan dana uang kuliah sesuai dengan program studi yang diambil, termasuk didalamnya uang layanan mahasiswa dan fasilitas.


Berikut adalah jenis  beasiswa Endeavour Scholarships and Fellowships yang ditawarkan
Endeavour Postgraduate Scholarships
Beasiswa ini ditawarkan kepada siswa internasional yang ingin kuliah di Australia dengan program master atau PhD. Untuk jenjang Master beasiswa ini diberikan hingga 2 tahun dan maksimal 4 tahun untuk program PhD. 

Endeavour Research Fellowships 
Program ini mendanai kegiatan riset pendek berdurasi 4-6 bulan, baik untuk kegiatan penelitian master, PhD, maupun posdoktoral.


Endeavour Vocational Education and Training (VET) Scholarship
Beasiswa ini mendanai biaya studi $6.500 per semester untuk pendidikan vokasi jenjang diploma dan training dengan durasi beasiswa selama 1 – 2,5 tahun 



Endeavour Executive Fellowship
Bagian dari beasiswa Endeavour ini diperuntukkan bagi para profesional untuk mengembangkan diri mereka dengan durasi program selama 1 – 4 bulan 

Beasiswa Australia 2017

Beasiswa Australia sangat dicari oleh siswa Indonesia, yang dapat diperoleh setiap tahunnya, khususnya untuk beasiswa Australia 2017. Beasiswa ditawarkan oleh berbagai lembaga untuk kuliah di Australia baik dari lembaga universitas, foundation atau pemerintah. Beasiswa yang sudah sangat terkenal yang akan ditawarkan di tahun 2017 adalah beasiswa Australian Awards yang diberikan oleh pemerintah Australia. Beasiswa Australia ini telah diberikan oleh pemerintah Australia selama lebih dari 60 tahun dan mempunyai peranan penting untuk program kerjasama dalam meningkatkan pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Program beasiswa Australia ini juga mempererat hubungan baik antara Australia dan Indonesia terutama meningkatkan perekonomian, demokratisasi dan kestabilan Indonesia. Beasiswa Australia 2017 ini ditawarkan hanya untuk program pascasarjana diberbagai universitas Australia yang berstandar international. Berbagai jurusan ilmu ditawarkan dalam program beasiswa ini yang berkaitan dengan pengetahuan dan keahlian yang nantinya dapat diterapkan meningkatkan pembangunan sosial dan ekonomi Indonesia. Jurusan studi yang ditawarkan mendapat prioritas untuk Indonesia adalah menyangkut bidang pertumbuhan ekonomi; demokrasi, keadilan dan pemerintahan yang baik. Pembangunan sumber daya manusia dan terachir, stabilitas keamanan dan kedamaian.


Beasiswa Australia diberikan kesempatan terbuka kepada warga Indonesia dengan syarat yang cukup kompetitif. Pendaftaran untuk beasiswa Australia 2017 biasanya dibuka di bulan Februari dan ditutup bulan April setahun sebelum mulai tahun ajaran akademiknya.
Dalam proses seleksi, syarat yang dituntut umumnya adalah nilai akademik yang tinggi, minimal IPK 2.9 keatas di tingkat sarjana. Program beasiswa Australia untuk tingkat S2 minimal pengaju sudah meraih gelar S1 dan program beasiswa australia untuk tingkat S3, minimal sudah meraih gelar S2 sebelumnya.

Khusus untuk yang ingin mendaftar program S3, para pengaju hanya akan dipertimbangkan yang merupakan dosen universitas atau lingkungan akademis/peneliti atau juga dalam kalangan pembuatan kebijakan pemerintahan yang menyangkut peningkatan kemajuan Indonesia. Pendaftar jenjang S3 sangat dianjurkan sudah memiliki surat dukungan dari sebuah universitas di Australia terkait jurusan studi yang diajukan  perdaftar bersangkutan.
Syarat yang tidak kalah penting adalah kemampuan berbahasa Inggris yang dapat diukur oleh tes IELTS. Nilai yang diperlukan, minimal nilai 5 untuk program S2 dan nilai 6 untuk program S3. TOEFL pun dapat menjadi acuan untuk pengukuran kemampuan berbahasa Inggris. 

Selain mengisi formulir pendaftaran online, dokumen dokumen penting dibutuhkan sebagai pendukung persyaratan pengajuan beasiswa Australia 2017. Beberapa diantaranya seperti bukti kewarnegaraa Indonesia, KTP dengan keterangan tidak melewati umur 42 tahun pada saat penutupan pandaftaran, ijazah pendidikan terachir, riwayat pengalaman kerja/CV, hasil tes IELTS sedikitnya dari dua tahun terachir, referensi akademik dari pembimbing S2 bagi para pengaju S3 dan rincian proposal penelitiannya.

Setelah memenuhi persyaratan yang diajukan, pihak Australian Awards akan menyaring untuk dapat mengikuti seleksi tahap achir, yaitu tes IELTS serta wawancara. Proses seleksi akan dilaksanakan bersama atas nama pemerintahan Australia dan Indonesia oleh tim independen dari akademisi Australia dan Indonesia. Hasil peserta beasiswa australia umumnya diinformsikan pada bulan Desember sebelum tahun akademik dimulai di tahun 2017.
Peserta yang mendapatkan beasiswa Australia 2017 di program Australian Awards akan mendapat tunjangan penuh. Secara umum kandidat beasiswa Australia akan mendapat tunjangan biaya pendidikan secara penuh, penelitian dilapangan baik di Australia ataupun di Indonesia, biaya hidup di Australia maupun  di Indonesia selama pelatihan berjalan, asuransi kesehatan. Terachir, biaya tiket perjalanan pulang pergi Australia dan Indonesia untuk kuliah, penelitian dan reuni keluarga. 

Selain beasiswa Australia melalui Australian Awards, masih ada beberapa jenis beasiswa lainnya yang ditawarkan oleh pemerintah Australia. Diantaranya adalah Australian Leadership Awards, Australian Partnership Scholarships dan Endeavour Postgraduate Awards. Umumnya beasiswa Australia ini lebih khusus untuk kandidat yang sudah mempunyai jabatan tertentu dan memberi kebijakan yang berpengaruh luas dalam masyarakat. Kandidat beasiswa dikhususkan sudah menjadi pemimpin atau calon pemimpin yang memiliki potensi untuk pembangunan Indonesia.
Selain dari pemerintah Australia, beasiswa untuk kuliah di Australia ditawarkan juga oleh pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah beasiswa DIKTI yang menawarkan beasiswa studi keluar negeri termasuk Australia. Program beasiswa ini diperuntukan bagi kalangan dunia pendidikan.  Program beasiswa yang diperuntukan kalangan lebih umum adalah beasiswa LPDP yang didanai pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan. Beasiswa LPDP adalah bagian dari kebijakan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan daya saing Indonesia dan telah berhasil mengirimkan siswa Indonesia berbakat untuk kuliah di universitas terkenal luar negeri termasuk di Australia.


Post a Comment

Previous Post Next Post