Mengenal Apa Akuntansi?



Hasil gambar untuk akuntansi
Ketika lulus SMA sobat bingung mau mengambil jurusan apa di Perguruan Tinggi? Memang banyak pilihan Program Studi yang menarik salah satunya ialah Jurusan Akuntansi. Jurusan Akuntansi ini tergabung didalam Fakultas Ekonomi bersama Jurusan Manajemen, dan untuk beberapa Perguruan Tinggi juga termasuk Jurusan Ekonomi dan Ekonomi Pembangunan.

Jurusan Akuntansi banyak diminati di berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Hal ini dikarenakan tingginya kebutuhan pasar kerja akan tenaga akuntansi yang kompeten. Untuk Jurusan Akuntansi dibeberapa Perguruan Tinggi Negeri untuk Kelompok Sosial-Humaniora, seperti Universitas Indonesia, Universitas Andalas, dan PTN lain menduduki urutan peminat terbanyak disamping jurusan Manajemen, Hukum,  dan jurusan yang tergabung di FISIP.


Di Jurusan Akuntansi banyak hal yang akan dipelajari bukan hanya mengenai pelaporan keuangan saja, tetapi juga mempelajari mengenai Auditing, Perancang Sistem Akuntansi, dan juga perpajakan (Akuntansi Perpajakan). Semua materi pelaporan dan teknisnya akan dipelajari dalam jurusan Akuntansi dikarenakan Akuntansi dapat dikatakan sebagai bahasanya dunia usaha.

PROSPEK KARIR JURUSAN AKUNTANSI

Jurusan Akuntansi akan memberikan prospek karir bagi yang mempelajarinya sebagai:
  1. Akuntan, baik Akuntan Publik, Akuntan Perusahaan, maupun Akuntan Pemerintah
  2. Internal Auditor
  3. Adminstrasi Keuangan Perusahaan
  4. Administrasi Perpajakan di Direktorat Pajak, baik Pusat maupun Daerah
  5. Auditor di Badan Pemeriksa Keuangan
  6. Konsultan Keuangan
  7. Staff Akuntansi di Perbankan
  8. Tenaga Pengajar Akuntansi, baik Dosen maupun Guru SMA dan SMK
  9. Wirausaha, dan lain-lain

  KONSENTRASI JURUSAN AKUNTANSI

Untuk penjurusan konsentrasi Jurusan Akuntansi memang berbeda-beda di setiap Perguruan Tinggi, akan tetapi secara umum jurusan Akuntansi memiliki konsentrasi, sebagai berikut:
  1. Konsentrasi Akuntansi Perpajakan.
    Konsentrasi Akuntansi Perpajakan akan membekali peminatnya ilmu mengenai pelaporan perpajakan, audit perpajakan, manajemen perpajakan, maupun sistem yang mendukung perpajakan itu sendiri.
  2. Konsentrasi Auditing
    Konsentrasi Auditing akan membekali peminatnya kemampuan dalam audit proses data elektronik, audit laporan keuangan perusahaan, serta audit investigasi aliran keuangan. Konsentrasi ini akan membekali pembelajarnya menjadi seorang yang kompeten dalam bidang auditing.
  3. Konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi (Perancangan Sistem)
    Konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi akan membekali peminatnya menjadi seorang yang berkompeten dalam perancangan Sistem Informasi Akuntansi, baik secara manual maupun komputerisasi akuntansi. Konsentrasi ini juga membekali pembelajarnya handal dalam sistem pengendalian manajemen yang berguna dalam masukkan informasi keuangan bagi manajemen untuk mengambil keputusan manajemen.
  4. Konsentrasi Sektor Publik
    Konsentrasi Sektor Publik akan memekali peminatnya kompeten dalam pelaporan keuangan pemerintah pusat dan daerah, serta organisasi nirlaba, baik di lingkungan pemerintah maupun di lingkungan organisasi nirlaba swasta.

ANAK IPA DAN STM APA AKAN SUSAH MEMPELAJARI AKUNTANSI?


Mungkin sering ada pertanyaan seperti ini. Pada intinya semua materi baik itu sebelumnya telah dipelajari maupun tidak, apabila kita serius untuk mempelajari, Insya Allah pasti bisa. Tinggal bagaimana kita saja. Nah, untuk Anak IPA atau STM yang sebelumnya merasa asing dengan pelajaran Akuntansi, bila serius untuk mempelajarinya, yakin pasti jadi handal.


Dulu ada pernah Dosen saya, ia lulusan SMK Farmasi lalu ia melanjutkan studi S1 nya di Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas Swasta. Ia tidak merasa canggung akan pelajaran akuntansi, malah ia paham akan materi-materi akuntansi. Jadi, lulusan SLTA bukan halangan untuk mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan di SLTA, termasuk Jurusan Akuntansi.


#sumber :siskameilinda.blogspot.com

Post a Comment

Previous Post Next Post