Sunday, January 31, 2016

Menristek Ingin Naikan Uang Bidikmisi Jadi 1 Juta Perbulan



Menristek Dikti M Nasir mengatakan saat ini ada 60 ribu penerima beasiswa Bidik Misi di seluruh Indonesia. Bidik Misi adalah bantuan dana untuk mahasiswa yang mampu secara akademik namun mengalami hambatan ekonomi.

"Jumlah Bidik Misi ada 60 ribu yang kami alokasikan, dan kami akan meminta presiden untuk menambahkan 15 ribu lagi menjadi 75 ribu supaya Indonesia barat dan timur itu bisa tercover dengan baik," kata Nasir di kantornya, Senayan, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Menurut Nasir, secara umum saat ini penerima Bidi Misi berasal dari Indonesia bagian timur. Pulau Jawa justru relatif tidak terlalu banyak.

"Sementara ini lebih banyak dari timur, relatif. Timur lebih banyak dari barat. Dan jawa juga relatif tidak terlalu banyak, yang banyak itu timur," jelasnya.

Nasir menambahkan, tak hanya soal jumlah penerima yang ingin ia tingkatkan, jumlah dana yang diterima per mahasiswa pun ia berharap dapat naik. Menurutnya, ideal dana beasiswa setiap bulan untuk seorang mahasiswa adalah Rp 1 juta.

"Ini lagi berjuang ke DPR untuk menaikkan tarif itu karena rupiahnya bisa diterima penerima bidik misi cukup dalam satu bulan," tutur Nasir.

"Idealnya Rp 1 juta lah, tapi sekarang baru Rp 600 ribu. Idealnya Rp 1 juta karena sekarang biaya hidup naik, kos-kosan naik, tapi kami baru mampu anggarkan Rp 600 ribu," tutupnya. 

0 komentar:

Post a Comment