Friday, January 22, 2016

Mimpi-Mimpi Karya Anak Bangsa yang Terbuang

Mimpi-Mimpi Karya Anak Bangsa yang
Pesawat Gatotkaca N-250
Pesawat Gatotkaca N-250 berhasil mengudara pada 1995. Pesawat 100 persen murni rancangan putra-putri bangsa ini dinakhodai presiden ketiga RI BJ Habibie. Pesawat berpenumpang 50–70 ini dibuat di bawah payung PT IPTN, sekarang PT Dirgantara Indonesia (DI). Ketika itu masa pemerintahan Presiden Soeharto.
 Film Animasi
Sebuah karya anak bangsa berhasil menyita perhatian publik dunia. Hasil karya anak bangsa ini hangat diperbincangkan di media, dunia maya, dan televisi. Film dengan judul 'Pada Suatu Ketika' ini terinspirasi dari film Hollywood ‘Transformer’.
Dibuat oleh sekumpulan anak muda, film singkat berdurasi 4 menit 12 detik ini bercerita sarana transportasi khas Indonesia seperti bajaj, angkot, kopaja, metro mini, ojek, motor tua, becak yang berubah menjadi robot dengan kedatangan alien dengan space ship-nya.
Dengan setting suasana keramaian pasar, pangkalan bajaj, kopaja, dan ojek yang menggambarkan “sangat Indonesia”. Hal ini menunjukkan kemampuan membuat film animasi Indonesia tidak diragukan dan mampu bersaing dengan Amerika Serikat.
Senjata Laras Panjang


Senjata produksi Pindad (perusahaan negara) tidak diragukan mampu menjadi tulang punggu negara, khususnya dalam bidang pertahanan. Senjata-senjata yang murni buatan Indonesia ini umumnya diperuntukkan guna kepentingan ekspor ke berbagai negara. Senjata yang diproduksi di antaranya, Sidearms, Submachine Guns, Assault Rifles, Battle Rifles, Machine Guns, Sniper Rifles, Grenade Launchers, Mortar, Pistol, Panser, dan lain sebagainya.

Panser Anoa 


Oman, Malaysia, Brunei Darussalam, Bangladesh, dan Nepal menjadi negara yang menyatakan minat untuk membeli panser hasil rakitan anak-anak bangsa. Indonesia patut berbangga. Anoa Indonesian Panzer, kendaraan pengangkut lapis baja ini diproduksi oleh PT Pindad pada 2006 sebanyak 150.
Anoa Indonesian Panzer dilengkapi dengan baja antipeluru yang tidak akan tembus oleh AK47 atau M-16. Memiliki kecepatan 90 kilometer per jam dengan enam roda mampu menanjak dengan kemirigan hingga 45 derajat dan mampu melompat selebar 1 meter.
Mobil Esemka
Karya anak bangsa Indonesia kali ini sangat membanggakan. Mengapa demikian, mobil ini dibuat oleh anak-anak Indonesia yang masih berusia 16–17 tahun dari SMK 1 Singosari, Malang.
Mobil Esemka yang diciptakan sebagai cikal bakal kemajuan teknologi Indonesia di bidang transportasi, memiliki lima jenis varian yaitu SUV, pick-up double cabin, sedan, pick-up single cabin, dan van.
Biaya satu Mobil Esemka sebesar Rp175 juta. Mobil itu sendiri dibanderol di pasaran Rp80 juta per unit. Jauh lebih murah dari mobil-mobil buatan luar negeri yang ada di Indonesia.

Robot Tempur TNI
Robot banyak diciptakan untuk mempermudah kerja manusia, ada banyak jenis robot, seperti robot humanoid, robot medis, robot yang menyerupai hewan peliharaan dan robot tempur. Indonesia mampu membuat robot tempur yang diciptakan pada 2009 yang digerakkan dengan tenaga listrik dari dua baterai.
Robot tempur ini diciptakan oleh Lembaga Pengkajian Teknologi (Lemjitek) TNI AD, Karangploso, Kabupaten Malang, dan sudah beberapa kali diujicobakan. Robot tempur berukuran 1,5 x 0,5 meter dengan berat sekira 100 kilogram ini mampu mengangkut beban 150 kg dan memiliki kecepatan maksimal 60 km/jam serta mampu menjelajah hingga 1 km dari pusat kendali. Robot tempur ini adalah karya anak bangsa Indonesia yang membanggakan di bidang pertahanan dan keamanan.

KRI Krait 827
Indonesia dengan wilayah perairan yang luas sudah selayaknya memiliki kapal-kapal perang sendiri, dan tidak lagi membeli dari asing. Kini dari tangan-tangan terampil anak-anak Indonesia, KRI Krait 827 berhasil berlayar di lautan Indonesia.
KRI Krait 827 berbahan baku aluminium, bertonase 190 DWT dengan jarak jelajah sekitar 2.500 mil. Dilengkapi radar dengan jangkauan 96 nautical mil (setara 160 km) dengan sistem navigasi GMDSS area 3 dengan kecepatan terpasang 25 knots.
Alat Pembasmi Kanker Otak
Kanker otak juga disebut sebagai “silent killer” karena penderita penyakit ini biasanya langsung akut seperti yang diderita komedian Indonesia, Epi Kusnandar. Kanker otak sangat berbahaya berbagai usaha dan penelitian telah dilakukan untuk menyembuhkan kanker otak.
Salah satunya adalah dengan yang dilakukan oleh Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI) yang bekerja sama dengan CTech Laboratory yang berhasil menemukan alat pembasmi kanker otak. Cara kerja alat pembasmi kanker otak ini adalah dengan menerapkan metode listrik statis dan sudah diujikan oleh penderita kanker otak kecil. Setelah diaplikasikan selama dua bulan pasien tersebut dinyatakan sembuh total. Metode radiasi listrik statis berbasis tomografi ini.

Laptop Axioo
Di dunia teknologi gadget pun, anak-anak kebanggan Indonesia berhasil unjuk gigi. Tak ingin kalah dengan Jepang, AS, atau Korea Selatan, mereka berhasil membuat laptop atau notebook Axio dan kini banyak digunakan di Indonesia, hingga berhasil menembus jajaran produk dunia lainnya. Axioo adalah salah satu komputer merek lokal yang didirikan oleh Samuel Lawrence dan Singgih Salim.

Games Lokal


Game buatan pengembang lokal diharapkan dapat mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Salah satu game tersebut berjudul Kurusetra, yang diciptakan oleh developer Tanah Air.
Game Kurusetra diproduksi oleh pengembang Tanah Air, Qajoo Studio (dibaca : kayu studio) menghadirkan permainan yang tak kalah menarik dari clash of clans (CoC) dengan genre role playing game (RPG).
Pola permainan yang dihadirkannya sama dengan game CoC, namun pola cerita permainan Kurusetra lebih menarik. Game yang memadukan passion pertempuran dan bernuansa budaya Indonesia ini akan menantang para pemainnya untuk memilih pahlawannya sendiri.
Kurusetra terinspirasi dari perang Baratayuda yang menjadi perang kolosal Tanah Air pada zaman dahulu, menghadirkan 5 tokoh pahlawan sebagai karakter utama permainan dengan kemampuan perang yang berbeda.
Dalam cerita permainannya, kelima sosok pahlawan tersebut memiliki kemampuan unik dan menantang para pemain game untuk mengatur strategi agar jagoan yang dapat meraih sebuah prasasti bernama Segaragni Bayubhumi.
 #Sumber :okezone.com

0 komentar:

Post a Comment