Thursday, February 4, 2016

Hal-hal yang buat bingung Anak SMA yang Mau Lulus

Hasil gambar untuk problem SMABagi sebagian orang, saat belajar di tingkat sekolah menengah atas (SMA) adalah masa paling menyenangkan dan memberikan banyak kenangan indah. Namun memasuki kelas XII, para siswa SMA disibukkan beragam persiapan, mulai ujian nasional (UN) hingga seleksi masuk perguruan tinggi.
Banyaknya hal yang harus disiapkan tersebut, tak jarang membuat para siswa menjadi stres. Berikut ini beberapa contoh problematika siswa SMA menjelang lulus.
1. Menentukan Jurusan Kuliah
Tak semua siswa SMA sudah mengetahui passion dan minatnya. Akibatnya, saat sekolah mulai mendata rencana studi, mereka bingung menentukan pilihannya. Untuk mengatasi persoalan ini, kamu harus mulai mencari tahu hal-hal yang disuka. Sesuaikan dengan bakat dan keahlianmu. Konsultasikan kepada guru bimbingan konseling (BK) jika diperlukan. Orangtua, teman, atau saudara juga bisa menjadi penasihat yang jitu untuk menentukan jurusan kuliah.
2. Tak Punya Referensi Universitas
Memasuki kelas XII, mulailah kurangi waktu hura-hura bersama teman. Gunakan waktumu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kampus. Saat ini mencari informasi kampus beserta jurusan dan program studi yang tersedia sangat mudah, yakni melalui laman-laman resmi universitas yang bersangkutan.
3. Memikirkan Pembiayaan Kuliah
Biaya kuliah memang tidak murah, apalagi di perguruan tinggi swasta. Oleh karena itu, coba bicarakan hal ini dengan orangtua. Jika orangtuamu kurang mampu, carilah bantuan beasiwa. Saat ini pemerintah atau universitas banyak menyediakan beasiswa, seperti bidikmisi, terlebih bagi pelajar yang punya nilai akademis yang bagus.
4. Tak Punya Motivasi
Tak punya motivasi membuatmu tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas. Padahal, masa-masa ini sangat penting untuk menentukan nasibmu nanti. Jangan sampai semangat belajarmu kendur menjelang UN atau tes masuk perguruan tinggi, carilah hal-hal yang membuatmu enjoy untuk menjalaninya.
5. Tidak Ingin Lulus
Masa SMA memang berat untuk ditinggalkan. Saat kuliah, kamu dituntut untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap nilai akademismu. Kendati demikian, jangan sampai karena tak ingin lulus, kamu jadi tidak mau menyiapkan serba-serbi kuliah. Meski kuliah tak sama dengan SMA, tapi pada tahap tersebut kamu bisa menemukan pengalaman berharga serta mengembangkan diri. 

0 komentar:

Post a Comment