Thursday, February 4, 2016

Materi Fisika Yang Keluar Di SBMPTN


Kamu yang jurusan IPA dan mau masuk ke kampus yang IPA juga pasti punya dilema mau belajar dari mana untuk menghadapi SBMPTN kan? Apalagi SBMPTN materinya menyeluruh dan sedikit berbeda dari Ujian Nasional. Belum lagi salah satu mata pelajaran paling nyeremin, Fisika, memiliki porsi soal yang tidak sedikit di SBMPTN. Deg-degan bercampur panik deh!

Tapi tenang, Quipperian! Kami punya jawabannya untuk kamu. Bagi kamu yang ingin tahu kira-kira soal SBMPTN banyak mengeluarkan soal kelas sebelas atau dua belas, yuk kita cari jawabannya di bawah ini!

Kelas XII Lebih Banyak Dari Kelas XI, Tapi Tipis Perbedaannya

Ya, jawabannya adalah kelas dua belas lebih mendominasi SBMPTN. Jangan bernafas lega dulu, karena perbedaannya hanya satu materi. Kelas XII memiliki porsi 7 materi yang akan dimasukkan ke dalam SBMPTN untuk mata pelajaran Fisika, sedangkan kelas XI memiliki porsi 5 materi. Cukup tipis  bukan?
Jangan khawatir, untuk porsi kelas sepuluh tidak terlalu banyak kok. Bukan berarti kamu boleh duduk manis sambil minum teh dan menyimpan bukumu di dalam lemari lho ya, Quipperian harus tetap belajar agar bisa mendapatkan nilai yang bagus di SBMPTN nanti. Ingat, sainganmu tidak hanya berjumlah 100 atau 200 orang saja ya. Kuota untuk masuk ke jurusan-jurusan IPA juga tidak banyak, jadi pastikan kamu memahami semua materi Fisika yang ada untuk SBMPTN nanti.

Materi Kelas XI

Untuk materi kelas sebelas, kamu akan dihadapkan dengan hal-hal berikut:
1)     Usaha dan Energi
2)     Impuls dan Momentum
3)     Fluida Dinamis
4)     Gerak Harmonis Sederhana
5)     Gravitasi
Materi-materi yang dipilih untuk dimasukkan ke SBMPTN Fisika memang bukan materi-materi yang mudah. Terutama karena semua materi yang kami sebutkan di atas membutuhkanmu untuk memiliki nalar yang bagus. Cobalah untuk membuka kembali materi-materi yang kamu punya saat kamu kelas sebelas dahulu, atau beli buku latihan soal-soal anak kelas sebelas.
Lebih baik lagi apabila kamu mencoba bertanya kepada adik kelas, karena mereka masih fresh sekali ingatannya terhadap materi-materi tersebut. Malu bertanya sesat dijalan lho! Daripada bingung belajarnya bagaimana, mending kamu mencoba bertanya deh.

Materi Kelas XII

Sedangkan untuk materi kelas dua belas, kamu akan dihadapkan dengan materi-materi ini:
1)     Radioakitivas
2)     Relativitas
3)     Dualisme Gelombang Partikel
4)     Gelombang
5)     Induksi Magnetik
6)     Listrik Dinamis
7)     Listrik Statis
Meskipun lebih banyak, tetapi sepertinya materi-materi yang dipilih untuk dimasukkan ke SBMPTN dari kelas XII ini berkesinambungan satu sama lain.
Contohnya saja Listrik Dinamis dan Listrik Statis, kamu yang menguasai salah satu dari materi ini akan dengan mudah menguasai materi yang lain.
Materi-materi tersebut pun memiliki cukup banyak pembahasan di internet, jadi kalau kamu tidak mengerti bagaimana menggarap soal-soal dengan materi tersebut kamu bisa kok surfing di internet untuk mencari solusinya.
Tetapi biasanya waktu lagi searching di Youtube, kamu malah ladur dan akhirnya jadi nonton video kucing lucu, ngaku deh! Sebetulnya ada sih cara agar kamu tetap fokus saat mencari penjelasan untuk materi-materi tertentu. Mau tahu caranya? Coba deh kamu gabung ke Quipper Video! bimbel yang satu ini berbasis online dengan belajar melalui Video. Jadi, kamu bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.
Tidak perlu duduk manis di dalam kelas untuk mengikuti bimbel yang satu ini, karena kamu bisa belajar bahkan ketika kamu lagi makan di restoran. Selain itu, materi-materi SBMPTN yang diberikan  Video pun komprehensif dengan tutor yang asyik. Dijamin kamu tidak akan bosan selama pelajaran berlangsung. Bisa jadi alternatif buat kamu yang sering gagal fokus saat belajar lewat internet tuh.

0 komentar:

Post a Comment