Peluang, Presentase, dan Strategi SNMPTN

Persebaran Peluang Antar Pilihan 1, 2, 3

Berdasarkan survei yang dilakukan pada SNMPTN 2015, terdapat 96% siswa diterima di PTN pilihan I (88% diterima di pilihan jurusan I dan 8% diterima di pilihan jurusan II) dan cuma 4% yang diterima di PTN pilihan II (4% diterima di pilihan jurusan I dan 0% diterima di pilihan jurusan II).
Persebaran Peluang Antar Pilihan

Persentase Kelulusan SNMPTN Skala Nasional

Berikut adalah persentase kelulusan SNMPTN dari tahun 2013-2015 supaya kamu ada gambaran tingkat persaingan dari seleksi SNMPTN untuk skala nasional.
TahunJumlah PesertaPeserta Yang LolosPersentase Penerimaan
2015852.093137.00516,07%
2014777.536125.40616,13%
2013765.531133.60417.45%

Strategi Memaksimalkan Peluang Lolos SNMPTN

Okay, pada prinsipnya yang perlu zenius tekankan bahwa SNMPTN itu bukan proses seleksi yang bisa dikuantifikasi. Dalam proses ini, bisa dibilang tidak ada yang pasti lolos atau pasti ga lolos. Kalo SNMPTN ini diibaratkan sebagai sebuah permainan kartu, maka kartu yang jadi "modal" kamu adalah (1) nilai raport kamu selama ini dan (2) indeks sekolah kamu masing-masing.
Biasanya pendaftaran SNMPTN dilaksanakan pada bulan Februari atau pada saat siswa kelas 12 berada di semester 6, sedangkan SNMPTN sendiri menilai raportmu dari semester 1 sampai semester 5. Jadi nilai yang akan kamu ajukan sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Kecuali apabila sekarang kamu masih kelas 10 atau 11, kamu masih bisa mengusahakan untuk meraih nilai raport sebaik-baiknya. Jadi dalam proses SNMPTN, satu-satunya hal yang masih bisa kamu lakukan adalah tinggal bagaimana strategi kamu menentukan pilihan jurusan yang kamu ambil dengan menyesuaikan pada nilai raport, prestasi perlombaan, kejuaraan, dll.
Indeks sekolah juga begitu, tiap-tiap PTN sudah punya data indeks sekolah, yang mana data tersebut akan menjadi faktor penting dalam penilaian SNMPTN. Namun data indeks sekolah tersebut merupakan rahasia internal masing-masing PTN sehingga kamu ga bisa tahu indeks sekolahmu di suatu PTN. Salah satu cara memperkirakan indeks sekolahmu adalah dengan melihat tren kakak-kakak angkatan dari sekolah asal kamu yang diterima di suatu PTN.

2 Comments

  1. terimaasih infonya sob.. berkunjung juga ke http://rismanberkata.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. terimaasih infonya sob.. berkunjung juga ke http://rismanberkata.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post