Friday, February 5, 2016

Pengisian PDSS Resmi Di Buka



Sampai dengan hari ini, Sabtu (6/2/2016), pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa dibuka, banyak sekolah yang sudah berbondong-bondong melakukan pengisian data di PDSS untuk mendaftarkan para siswanya agar bisa menigkuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk bisa masuk di perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur prestasi.
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Universitas Islam Negeri Walisongo Dr Musahadi Mag mengatakan bahwa pengisian data PDSS ini sduah dibukan sejak 18 Januari lalu.
“Kami menginformasikan bahwa pengisian PDSS telah dimulai sejak 18 Januari sampai 20 Februari. Seperti diketahuibahwa SNMPTN/SBMPTN telah diluncurkan di Jakarta (15/1),” ungkap Musahadi seusai acara sosialisasi SNMPTN tahun 2016 di Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Jumat (5/2/2016).
Nah, pengisian PDSS ini akan sangat penting lantaran ini merupakan salah satu syarat untuk bisa mengikuti SNPTN.
Musahadi juga menjelaskan, bahwa data yang diisikan di PDSS merupakan nilai rapor siswa semester 1,2,3,4 dan 5 di SMA, SMK atau MA yang akan didaftarkan mengikuti SNMPTN. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menetukan apakah sisiwa tersebut berprestasi atau tidak untuk bisa masuk ke PTN tanpa ada tes.
Seperti yang diketahui bhwa pendaftaran SNMPTN ini dimulai pada 29 Februari sampai dengan 12 Maret mendatang, serta pencetakan kartu 22 Maret sampai dengan 21 April. Untuk pengumuman siswa yang lulus ke PTN melalui SNMPTN ini, akan diumumkan pada 10 mendatang.
SNMPTN
Musahadi menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi ke beberapa daerah, jika dijumlah ada sebanyak 750 sekolah yang diberikan sosialisasi mengenai SNMPTN 2016.
“Kami melakukan sosialisasi ke lima kabupaten di eks KarisidenanPati yaitu meliputi Kabupaten Jepara, Kab. Kudus, Kab.Pati, Kab. Rembang dan Kab. Blora. Masing-masing kabupaten diikuti 150 sekolah yang diikuti kepalasekolah atau yang mewakili. Jadi total ada sekitar 750 sekolah yang diberi sosialisasi SNMPTN 2016,” jelasnya.
Untuk tata cara mengikuti SNMPTN ini ada tiga tahupapn, yakni pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) oleh sekolah dan verifikasi, pemeringkatan dan pendaftaran SNMPTN oleh siswa. Hal tersebut bisa dilihat di laman resmi SNMPTN 2016,http://snmptn.ac.id.

0 komentar:

Post a Comment