Tuesday, March 27, 2018

29 Hal Yang Harus Kamu Tau Tentang UI

Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia. UI juga terkenal dengan mahasiswa maupun mahasiswi dari penjuru nusantara dan kampusnya anak-anak berprestasi. Nah, jangan ngaku anak UI kalau belum tahu 29 hal berikut!
1. Serangkaian ospek universitas yang panjang...
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: suaramahasiswa.com
Kalau kamu baru diterima jadi mahasiswa UI, siap-siap rajin ke kampus untuk mengikuti serangkaian ospek universitas, termasuk latihan paduan suara dengan konduktor khas yaitu Pak Dibyo. Ya, beliau adalah sosok yang melatih para maba selama paduan suara, yang nantinya akan dijadikan paduan suara untuk para wisudawan. Serangkaian ospek universitas bukan hanya latihan paduan suara, tapi ada pengenalan lain-lain tentang universitas. Kalau kamu bolong-bolong mengikuti ospeknya, bisa jadi jaket almamatermu ditahan sementara. Oh iya, serangkaian ospek universitas ini bisa memakan waktu hingga satu bulan, lho!
2. Jakun (jaket kuning) beserta warna Makara sesuai fakultas.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: pedidikanindonesia.com
Almamater sakti ini juga punya keunikan yang membedakan kita dengan mahasiswa fakultas lain. Pembeda ini disebut Makara. Setiap fakultas mempunyai warna Makara yang berbeda dan diletakan di dada kiri. Contohnya Fakultas Hukum mempunyai Makara berwarna merah, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya mempunyai Makara berwarna putih, sedangkan Fakultas Teknik mempunyai Makara berwarna biru dongker dan masih banyak warna-warna lainnya.
3. Gampang banget membedakan antara maba dengan mahasiswa senior, lihat aja pakaiannya.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: okkfkmui2013.tumblr.com
Pada saat masa ospek ataupun penerimaan maba (mahasiswa baru), gampang banget deh kalo mau ngebedain mana yang maba dan mana yang senior. Biasanya maba berpakaian putih-putih selama masa ospek.
4. Bukan cuma jaket kuning, kami juga punya bis kuning (bikun).
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: yustisianyuri.deviantart.com
Bis yang biasa disebut bikun ini adalah shuttle bus yang siap mengantarkan mahasiswa ke setiap fakultas-fakultas yang ada di UI. Kenapa harus ada bikun? Hal itu karena jarak antar fakultas di UI tergolong jauh, mengingat lahan UI berukuran 320 hektar. Oh iya, bis ini juga ada rutenya lho. Lucunya, rute ini bergantung dari warna karton yang ditempel di dashboard bisnya. Ada warna biru dan warna merah untuk menandakan lewat rute fakultas manakah bis ini akan mengitar universitasnya.
5. KTM UI yang sakti mandraguna.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: anakui.com
KTM ini salah satu hal yang paling berguna, lho! Bisa digunakan untuk meminjam sepeda, masuk perpustakaan pusat, sampai jadi kartu untuk commuter line jabodetabek atau busway karena dilengkapi TapCash.

6. Sebagai civitas UI, kamu juga dimanjakan dengan fasilitas sepeda yang (lagi-lagi) berwarna kuning.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: celotehanriza.blogspot.com
Ya, UI juga memfasilitasi civitasnya untuk bergerak di sekitar kampus dengan sepeda kuning. Ada halte-halte yang tersebar di seluruh lingkungan universitas. UI juga sudah membuat trek khusus sepeda yang terhubung ke seluruh lingkungan UI, jadi kalo naik sepeda gak bisa asal main lewat jalan raya. Kalau mau minjem juga, harus menggunakan KTM.
7. Crystal of Knowledge.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: lampungsae.com
Perpustakaan pusat UI ini memang menjadi salah satu landmark di kampus UI depok dengan tagline "Crystal of Knowledge". Bukan hanya dari kemegahan bangunan yang menjadikannya sangat instagramable atau bahkan dijadikan latar untuk foto pre-wedding, kelengkapan buku dan fasilitas-fasilitas lainnya juga terdapat di perpustakaan ini. Selain itu, perpustakaan ini dilengkapi banyak outlet seperti Bank BNI, Gold's Gym, Starbucks, Books & Beyond, Indomaret, hingga berbagai cafe lainnya.
8. Taman Melingkar yang jadi andalan mahasiswa buat berkegiatan.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: belajarsitektur.blogspot.com
Nah, tepat di depan perpustakaan pusat UI ini ada taman yang biasa dijadikan tempat mahasiswa untuk nongkrong, merokok, atau bahkan belajar. Ada yang menyebutnya tamling, ada pula yang taling. Bentuk tamannya ini melingkar layaknya tribun stadion dengan pohon yang sangat rindang tepat ditengah. Oh iya, jangan heran kalo kamu bakal sering ditawarin tisu oleh anak kecil yang berjualan ataupun orang-orang yang tiba-tiba meminta sumbangan.
9. Jembatan Teksas.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: goslink.wordpress.com
Nah! Pasti tahu dong jembatan yang satu ini. Ini jembatan merah yang menghubungkan antara Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dengan Fakultas Teknik. Konon katanya jembatan ini ada penghuninya, loh. Kalo malem memang seram banget karena kurang penerangan dan dikelilingi pohon-pohon.
10. Kamu pasti dengar mitos: lama lulus kalo berfoto di….
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: asepnurdiansyah1.blogspot.com
Ada satu spot yang mitosnya kalo foto di sana sebelum lulus, akan jadi lama lulus. Ya, itu di tulisan Universitas Indonesia. Tepat di bawah flyover arah Jakarta sebelum memasuki gerbang utama UI. Ada juga mitos yang tersebar kalo kita memakai toga sebelum wisuda, akan lama lulus. Hmm…
11. Keunikan tiap fakultas.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: kanopi-febui.org
Di UI ada banyak fakultas dan setiap fakultas punya keunikan atau stereotype masing-masing. Misalnya, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya terkenal dengan mahasiswi cantik-cantiknya, Fakultas Hukum terkenal dengan mahasiswa tampan-tampannya, hingga bahkan Fakultas Ilmu Komputer terkenal dengan mahasiswa yang geek.
12. Akun Instagram UI cantik atau UI ganteng.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: instagram.com/ui.cantik
Wah! Kalo kamu anak UI pasti hafal deh sama akun yang satu ini. Akun ini berisi foto-foto anak-anak UI yang cantik ataupun ganteng. Kalo salah satu temen kita sudah ditag akun ini, haduh langsung heboh deh.
13. Event musik yang gokil.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: nyunyu.com
Anak-anak UI emang pintar banget kalo yang namanya bikin event musik. Salah satu event musik tahunan paling bergengsi yaitu Jazz Goes to Campus dan Music Gallery. Bukan hanya ngedatengin musisi lokal aja, mereka juga ngundang musisi internasional seperti Lenka, DEPAPEPE dan Tahiti 80.
14. Kapal di atas danau UI.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: okezone.com
Kalau kamu anak UI, pasti bosen deh ngeliat kapal nangkring di atas danau UI tepat di depan perpustakaan UI. Kapal adalah hasil rakitan dari anak Fakultas Teknik UI jurusan perkapalan.
15. Wifi UI tidak untuk publik!
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: wikipedia.org
Ya namanya juga UI. Yap! Untuk urusan wifi kampus, UI mengharuskan mahasiswa untuk login menggunakan akun UI untuk mengakses wifi kampusnya. Jadi tidak sembarang orang bisa mengakses. Wifi ini sangat cepat apalagi di beberapa spot tertentu.
16. Keunikan setiap kantin.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: anakui.com
Setiap kantin di setiap fakultas punya keunikan dan daya tarik tersendiri terutama kulinernya. Di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya terkenal dengan ayam penyet mas Roni, di Fakultas Ilmu Komputer terkenal dengan satenya, di Fakultas Teknik terkenal dengan kentang atau cimolnya.
17. Cafe di setiap fakultas.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: youngnesia.com
Tiap fakultas di UI Depok hampir punya coffeeshop atau restoran tersendiri. Seperti di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya ada Coffee Toffee, di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ada Next Door Coffee, atau di Fakultas Ekonomi ada AH CafĂ©.
18. Petang Kreatif FIB UI.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: ikmi-ui.org
Kalau kamu kuliah di UI, pasti tahu acara yang satu ini. Ya! Jadi ini adalah pagelaran teater 15 jurusan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dalam satu hari khusus untuk maba FIB UI. Dimulai pukul 11:00 hingga 24:00 non-stop. Ini acara tahunan terbesar anak FIB lho!
19. Mitos horror UI.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: kamar-bujang2.blogspot.com
Kampus mana yang gak punya cerita horor? Karena ukuran UI yang sangat luas dan dipenuhi pohon-pohon, terkadang menjadikan kampus ini penuh dengan misteri horror. Ada beberapa spot yang diakui angker seperti kuburan bikun, menara air dan jembatan teksas. Ada juga mitos mengenai bikun setan yang suka melintas di luar jam operasionalnya. Selain itu, mitos hantu merah atau hantu bertoga juga terdengar dari mulut ke mulut.
20. Lapangan rotunda.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: twicsy.com
Lapangan ini bisa dibilang sebagai lapangannya UI dan terletak tepat di tengah-tengah UI depan rektorat. Biasa digunakan untuk ospek serta upacara 17 Agustus. Oh iya, terkadang lapangan ini juga dipakai untuk tempat landing helicopter. Seperti contohnya, ada wisudawan yang naik helicopter untuk pergi wisuda. Bahkan ada maba yang ke kampus naik helicopter juga!
21. Balairung.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: panoramio.com
Tempat ini bakal jadi tempat sakral buat kamu. Karena di tempat inilah kamu memulai ospek untuk menjadi mahasiswa UI dan pada akhirnya menjadi tempat kamu diwisuda.
22. Sasari.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: dzulqaidar.blogspot.com
Kamu bukan anak UI kalau gak tahu yang namanya Sasari. Iya! Ini adalah warteg di belakang rel seberang Fakultas Hukum UI yang gak pernah sepi dari pengunjung. Warteg ini 24 jam dan selalu jadi tempat tongkrongan mahasiswa lho!
23. SIAK-NG.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: twicsy.com
Cuma anak UI deh yang ngerti SIAK-NG. Iya jadi ini adalah website akademisnya anak UI untuk mengisi IRS (semacam KRS -red), melihat nilai, IP serta IPK. Kalau akhir semester, pasti banyak yang sakit kepala. Heboh banget karena terkadang SIAK-NG suka kejam dan nilai suka tidak sesuai dengan harapan.
24. SIAK WAR!!!
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: twicsy.com
Nah apa sih SIAK WAR itu? Jadi sebelum dimulai semester baru, mahasiswa diwajibkan untuk mengisi IRS di SIAK-NG. Biasanya isi IRS itu ada jadwalnya. Nah SIAK WAR ini adalah cepat-cepatan untuk mengisi IRS dengan memilih dosen yang enak. Biasanya para mahasiswa sudah mantengin dari pagi biar masuk kuota kelas dengan dosen yang baik. Kalau telat, aduh nasib satu semester kamu bisa kacau. Ohh iya, terkadang banyak yang jadi joki SIAK untuk ngisi IRS temen-temennya.
25. Bisa lulus 3.5 tahun tanpa skripsi!
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: metrotvnews.com
Bingung? Mikir kenapa kok bisa? Iya, di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan jurusan tertentu kalian bisa lulus 3.5 tahun tanpa menyusun skripsi. Asalkan pada semester 7, total IRS yang lulus berjumlah 144 sks dan membuat jurnal. Jurnal layaknya seperti makalah 15-20 lembar. Jalan pintas banget ya.
26. BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing).
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: indicators-forex.xyz
UI punya banyak banget mahasiswa Korea. Mereka adalah mahasiswa exchange yang belajar bahasa Indonesia di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Jangan heran deh kalo di perpustakaan UI, khususnya di Starbucks, kamu berasa dikelilingi anak-anak yang mirip anggota boyband atau girlband.
27. Ojek online UI.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: anakui.com
Semenjak beredarnya ojek online seperti go-jek dan Grabbike, ojek UI juga gak mau kalah. Mereka punya call center juga yang bisa menjemput kamu di sekitaran UI. Untuk tarif, mereka mematok 8.000 rupiah untuk jasa transportasi di lingkungan UI.
28. Kutek dan Kukel.
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: manshurzikri.wordpress.com
Dua nama daerah ini emang gak asing lagi di telinga anak-anak UI. Jadi Kutek dan Kukel ini merupakan dua pemukiman tempat mahasiswa UI ngekos. Daerah ini sangat ramai ketika masa perkuliahan, namun ketika libur panjang, sangat sepi seperti daerah mati.
29. Mares dan Tamel
Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!Sumber Gambar: rumahcitra.com
Nah, untuk mereka yang ingin tinggal di tempat yang lebih bagus dan lengkap, biasanya mereka menyewa apartemen yang terletak sangat dekat dengan kampus UI Depok. Nama apartemen itu adalah Mares (Margonda Residence) dan Tamel (Taman Melati).
Buat kamu yang sedang berkuliah di UI, pastinya bangga dong bacanya. Untuk yang berniat kuliah di UI. Semangat ya! Ditunggu kedatanganmu di kampus perjuangan!

#sumber: idtimes.com

0 komentar:

Post a Comment