Batik Baduy, Batik Khas Banten

Batik Baduy seperti yang sudah kita ketahui, Suku Baduy merupakan salah satu suku di Indonesia yang masih mempertahankan kebudayaan dan adat istiadat nenek moyangnya hingga saat ini. Suku yang berada di Kabupaten Lebak Provinsi Banten ini masih terisolasi dari dunia luar yang sudah semakin berkembangnya teknologi dan media-media informasi. Meskipun begitu, kita patut berbangga karena Suku Baduy juga mampu menghasilkan batik dengan motif-motif yang tidak kalah cantik dan unik dari motif-motif batik yang sudah ada. Batik tersebut adalah Batik Baduy.
Tidak ada informasi banyak tentang sejak kapan batik ini ada atau pertama kali dihasilkan, namun sekarang ini Batik Baduy menjadi salah satu batik yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia khusunya masyarakat Banten. Ciri khas yang menjadi identitas batik ini adalah warnanya yang didominasi oleh warna hitam dan biru yang terang. Warna-warna tersebut memiliki makna dan arti tersendiri bagi masyarakat Suku Baduy yaitu sebagai bentuk kecintanya kepada alam. Namun sekarang ini warna-warna lainnya pun sudah ada untuk menambah ragam motif-motif Batik Baduy.
Menurut PemKab Lebak, sekarang ini Batik Baduy baru memiliki 11 motif yang disesuaikan dengan khas komunitas masyarakat Baduy, namun motif tersebut akan terus dikembangkan agar menambah keragaman motif dari Batik Baduy. Motif-motif tersebut diantaranya Motif Tapak Kebo, Motif Merak, Motif Keong, Motif Sabodo Akang, belimbing,dayang sumbi dan masih banyak lagi motif lainnya. Sesuai dengan namanya, setiapmotif Batik Baduy sangat memcerminkan tentang alam dan kehidupan mereka yang sebagian besar adalah bercocok tanam.
Berikut ini adalah sebagian motif-motif Batik Baduy :









Sekarang ini Batik Baduy ini masih terus dikembangkan oleh masyarakat dan PemKab setempat untuk mendapatkan perhatian bagi pecinta Batik atau Fashion di dalam maupun luar Indonesia. Dan dengan adanya Badik Baduy ini juga memperkaya lagi ragam Motif BatikIndonesia yang memang sudah di akui dunia. 

Post a Comment

Previous Post Next Post