Hal Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kampus UNS

Hasil gambar untuk UNS
Berikut setidaknya sebagai informasi lebih dalam mengenai Universitas Sebelas Maret, ada sejumlah fakta yang harus para pembaca ketahui;

UNS Green Campus

Universitas Sebelas Maret ini tidak hanya berada di satu lokasi saja, bahkan ada sebuah program studi yang gedungnya berada di luar Kota Solo, yaitu di Kebumen. Sedangkan untuk kompleks kampus UNS pusat berada di daerah Kentingan yaitu sebelah Timur Kota Solo.

Di kampus pusat yang luas ini banyak sekali pepohonan yang menjulang tinggi sehingga suasana di sekitar kampus pusat ini terasa sejuk walaupun saat siang hari. Setiap sore atau hari libur banyak mahasiswa ataupun warga lokal berolahraga di sini seperti jogging di sekitar gedung rektorat. Di samping gedung rektorat terdapat sebuah danau yang biasa disebut danau pertanian karena letaknya yang juga berada di depan fakultas pertanian dapat membuat pemandangan lebih bagus dan suasana lebih nyaman.

Gerbang UNS

Di kompleks kampus UNS pusat terdapat dua gerbang masuk/keluar yaitu gerbang depan di sebelah Selatan dan gerbang belakang di sebelah Utara. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari kedua gerbang ini, tetapi gerbang depan yang menjadi ikon UNS ini merupakan tempat favorit mahasiswa untuk sekedar mengambil foto juga karena faktanya gerbang depan memiliki tampilan lebih bagus daripada gerbang belakang.

Walaupun begitu, daerah di sekitar gerbang belakang lebih ramai dan lebih padat daripada di gerbang depan karena banyak gedung-gedung yang menunjang kegiatan mahasiswa berlokasi di dekat gerbang belakang ini. Sebagian besar kost mahasiswa berada di sekitar gerbang belakang juga banyak warung penjual makanan di pinggir jalan yang harganya murah dan menjadi favorit mahasiswa serta banyak juga toko jasa fotokopi yang saling bersebelahan.

“Universitas” di Dalam Universitas

UNS mempunyai satu fakultas yang terdiri dari sekitar 22 program studi yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), sehingga sering disebut “Universitas” di dalam Universitas. Mahasiswa yang berasal dari fakultas yang memiliki gedung berwarna dominan ungu dan putih ini berbeda dari mahasiswa fakultas lain, yaitu setiap hari Senin dan Selasa mahasiswa FKIP diharuskan menggunakan pakaian putih-hitam.

Gedung FKIP tidak hanya berada di daerah Kentingan saja, dan yang paling jauh yaitu ada program studi fakultas ini yang gedungnya berlokasi di Kebumen yaitu PGSD.

Kantin Legendaris

Sebagian mahasiswa UNS mengenal dan pernah mencoba ke sebuah kantin yang sangat legendaris yang terletak di belakang Fakultas Ilmu Budaya. Mahasiswa biasa menyebut Kantin legendaris ini sebagai Kantin Mbok Jum. Disebut legendaris karena kantin ini telah ada sejak tahun 1979, yaitu tiga tahun setelah UNS berdiri sampai sekarang. Tidak hanya mahasiswa, karyawan hingga dosen pun suka makan di kantin tersebut. Banyak para alumni saat berkunjung ke UNS pasti juga mengunjungi kantin Mbok Jum ini, mulai dari membayar hutang pada saat masih berkuliah hingga sekedar memberi sumbangan kepada Mbok Jum sebagai kepedulian mereka.

Tempat Ibadah Dalam Satu Kompleks

Mahasiswa UNS yang datang dari berbagai daerah di Indonesia serta agama yang dianutnya beragam. Tidak perlu risau untuk masalah tempat ibadah karena di UNS terdapat tempat ibadah dari berbagai macam agama, mulai dari Masjid, Pura, Vihara, dan Gereja.

Dan semua tempat ibadah tersebut dibangun dalam satu kompleks dan dibuat berdekatan satu sama lain. Sehingga mahasiswa dapat beribadah dengan nyaman serta berkembangnya sikap toleransi antaragama di UNS ini sangat baik.

Selalu Membangun Sesuatu

Sejak berdiri dan diresmikan pertama kali pada tanggal 11 Maret 1976, UNS selalu menggiatkan pembangunan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan di lingkungan kampus. Baik pembuatan infrastruktur baru maupun pembaruan fasilitas yang sudah ada sebelumnya. Hal ini juga dilakukan demi mewujudkan UNS sebagai World Class University yang memiliki fasilitas lengkap untuk berbagai kegiatan riset.

Salah satu pembangunan infrastruktur baru yang telah diselesaikan adalah Rumah Sakit UNS yang telah diresmikan pada Agustus 2016 lalu berlokasi di daerah Pabelan berdekatan dengan kampus UNS Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Musim Gugur di UNS

Ini adalah moment yang paling ditunggu-tunggu semua mahasiswa UNS. Pada saat awal memasuki musim hujan kompleks kamus UNS akan berubah warna menjadi kuning. Ini disebabkan karena banyaknya pohon angsana yang bunganya bermekaran lalu berjatuhan di hampir setiap sisi kompleks kampus, karena itulah mahasiswa menyebutnya musim gugur UNS. Bunga angsana yang berwarna kuning cerah berjatuhan karena tertiup angin yang kencang dan memutupi jalan di sekitar kompleks kampus sehingga seolah-olah berubah warna menjadi kuning.

Musim gugur bunga angsana ini yang mirip sekali dengan musim gugur bunga sakura di Jepang sangat ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa UNS karena ingin mengabadikan moment ini yang terjadi setahun sekali.

Event UNS Cultural Night

Salah satu event yang sangat terkenal dan sangat dinanti-nanti adalah UNS Cultural Night, yaitu event yang setiap tahunnya diselenggarakan oleh International Office UNS dalam rangka untuk berbagi tentang kebudayaan dari mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara dan sedang menjalankan perkuliahan di UNS.

Tidak hanya menampilkan berbagai macam budaya dari negara asal mahasiswa asing, tetapi juga terdapat makanan khas dari negara-negara mahasiswa asing tersebut yang bisa dicicipi oleh pengunjung. Event ini bisa dibilang sangat diminati karena saat penjualan tiket dalam waktu kurang dari 30 menit telah terjual lebih dari seratus tiket.

Banyak Kisah Mistis di UNS

Banyak cerita-cerita seram yang beredar di kalangan mahasiswa seputar UNS. Ada yang bilang bahwa sebagian besar kompleks kampus UNS Kentingan adalah bekas makam yang dikhususkan untuk keluarga keturunan cina.

Saat pembongkaran makam, ada satu makam yang tidak bisa dibongkar meskipun memakai alat berat dan masih ada hingga sekarang. Makam ini disebut-sebut sebagai makam Nyi Rewel yang terletak di antara Fakultas Kedokteran dan FMIPA tepatnya di Bukit Kendil yang bersebelahan dengan Argo Budoyo. Seorang dosen pernah bercerita bahwa penampakan Nyi Rewel kadang berjalan-jalan di sekitar kampus pada malam hari.

Tidak hanya itu, pernah ada seorang mahasiswa bercerita ketika dia sedang mempersiapkan acara PKKMB tahun 2017 di stadion UNS sampai larut malam dan dia mendengar suara kuntilanak yang sedang tertawa.

UNS Berada di Kota yang Kental Budaya

Universitas Sebelas Maret terletak di Kota Solo yang sangat lekat dengan budaya jawa. Kehidupan warga lokal juga yang masih menjunjung tinggi sikap rendah hati dan tata krama yang baik serta keramahan yang sangat melekat dalam diri setiap warga Solo. Hal ini dapat membuat semua mahasiswa UNS merasa nyaman saat menjalani perkuliahannya.

Hampir setiap bulannya di kota ini terdapat agenda acara kebudayaan salah satunya adalah Solo International Performing Arts (SIPA) yang diadakan setiap tahun. Juga terdapat beberapa tempat ikonik di Solo yang dapat didatangi seperti Keraton Solo, Alun-alun Kidul, Benteng Vastenburg, dan masih banyak lagi.

1 Comments

  1. Update artikel ini dong gan beri foto tiap penjelasannya, makasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post