Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang UNY

Hasil gambar untuk UNY
1. Kampus Favorit
UNY adalah singkatan dari Universitas NEGERI Yogyakarta. Banyak orang tua diluar sana yang bangga anaknya bisa kuliah di UNY. Kata tetangga sih UNY termasuk kampus yang sangat favorit. Passing grade yang dipakai juga tinggi. Jadi, wajar saja banyak pendaftar yang tidak diterima karena lain suatu hal. So, banggalah dengan kampus UNY ini! Banyak sekali orang disana yang suangat ingin kuliah di UNY tapi belum ada kesempatan untuk diterima.
 2. Kampus Pendidikan 
Dulu kampus ini namanya IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Keren banget kan, Institut lho. Oiya, kata beberapa dosen yang pernah mengajar, lebih tepatnya dosen Fakultas Bahasa dan Seni, ada yang bilang bahwa dulu kampus ini mau diberi nama Universitas Hayam Wuruk. Kan kampus tetangga sebelah bernama Universitas Gadjah Mada. Sedangkan dalam sejarah kan Hayam Wuruk sebagai raja, lalu patihnya adalah Gadjah Mada. Dan kata beberapa dosen, harusnya Gadjah Mada itu tempatnya bukan di Yogyakarta, tapi di Jawa Timur (aku lupa tepatnya dimana) *jitak!* Tapi saya juga tidak tahu sih, yang dikatakan dosen itu benar atau tidak? Atau hanya sekedar intermizo? Orz. Mengenai kampus pendidikan tadi memang benar adanya, karena jurusan yang disediakan dari kampus ini juga mayoritas memang Kependidikan, namun juga tak menutup kemungkinan bahwa kampus ini juga masih memiliki jurusan atau program studi yang murni (non pendidikan).
 3. Kampus Merakyat
Banyak yang bilang UNY itu kampus merakyat, kampus yang dekat dengan masyarakat sekitar. Tidak mengenal stratifikasi sosial. Banyak program beasiswa juga dari kampus ini. Untuk pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) juga masih dapat dijangkau, tergantung masuk ke kelas UKT berapa. Lalu, untuk pergaulan tiap mahasiswanya juga baik. Tidak mengenal kasta. Semua dirangkul.
 4. Kampus Agamis
Sudah pada tahu dong apa semboyan UNY? Yap betul! Taqwa, mandiri, cendekia. Nomor satu saja telah disebutkan taqwa lho. Secara tidak langsung bahwa kampus UNY ini memiliki prinsip untuk tetap berprestasi namun tetap mempertahankan nilai-nilai agama. Dengan 2 agenda kerennya yaitu PAI dan ESQ. Untuk tutorial itu agendanya berupa tes membaca Al-Qur’an yang kira-kira diadakan seminggu sebelum ospek, atau mengikuti jadwal yang sudah diatur. Lalu untuk perkuliahan tutorial PAI dilakukan selama 1 sks untuk bertemu dengan tutor, sedangkan 2 sks untuk bertemu dengan dosen. Berlanjut ke ESQ. Kalian pasti tau kan? Yang biasanya acaranya nangis-nangis gitu lho, rutin banget diadakan sebelum ujian nasional. Yaaah, if you know what I mean. Jadi tak perlu saya jelaskan ya.
5. Kampus Wong Jawa Tengah (Kampusnya Orang Jawa Tengah)
Sudah pada tahu dong apa singkatan dari UNY? Universitas Negeri Yogyakarta bukan? Nah, namun ada singkatan lain nih, yakni: Universitas Ngapak Yogyakarta. Mengapa disebut ngapak? Ya karena di kampus ini banyak ditemui mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah yang notabene pakai bahasa ngapak.

 6. Green Campus
Sebenarnya saya sering lihat poster UNY (on the move to green campus), yah intinya seperti itu lah. Daaan, menurut saya UNY sudah bagus! Kampusnya juga penuh dengan pepohonan yang rindang dan hijau. Saya sih pernah main ke fakultas lain, kalau dari pengalaman saya rasanya eyup-eyup saja, sejuk pula.
 7. Kampus Pemakai Hashtag #JasBiruKebangganku
Aha! Semboyan ini saya dapatkan dari stiker yang diberi entah dari kakak pembina yang mana. Yang pasti saya dapat stiker itu waktu OSPEK di GOR Agustus 2014 lalu. Saya sih pahamnya bahwa kita sebagai mahasiswa UNY harus mampu berprestasi dan membanggakan nama kampus UNY, serta bangga dengan jas almamater yang berwarna biru tersebut. Selain jas almamater yang berwarna biru, UNY memiliki 7 fakultas yang sudah identik dengan warna masing-masing. Untuk FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan) dengan identitas warna hijau, mahasiswa FIP dilihat dari tampaknya kalem-kalem, nggak neko-neko, seragam ke kampus pun juga rapi. FT (Fakultas Teknik) dengan identitas warna oranye, katanya sih kalau anak FT banyak cowoknya, ya tapi tergantung juga dengan jurusannya, jika jurusannya teknik boga juga pasti banyak ceweknya. FIS (Fakultas Ilmu Sosial) dengan identitas warna merah. FE (Fakultas Ekonomi) dengan identitas warna merah muda, fakultas ini memang baru. FBS (Fakultas Bahasa dan Seni) dengan identitas warna ungu, katanya sih FBS orangnya aneh, neko-neko, yah mungkin kelewat “nyeni” pfft. FMIPA (Fakultas Matematika dan IPA) dengan identitas warna biru, biru muda kayaknya. Fakultas ini melahirkan ilmuwan muda. Dan terakhir FIK (Fakultas Ilmu Keolahragaan) dengan identitas warna kuning, katanya cowok-cowok FIK ganteng-ganteng, apalagi U-19 *ups*!

 8. Memiliki 4 kampus yang tersebar di Yogyakarta
Yap! UNY memiliki 4 kampus, keren kan? Kampus utamanya di Karangmalang, jalan Colombo, Kampus FIP II di Jalan Kenari  depan Mandala Krida, Kampus Bantul di jalan Bantul Lalu yang terakhir yakni Kampus Wates.
 9. Kampus Tim Nasional Sepak Bola U-19
Berhubung saya angkatan 2014, saya tahu tentang ini. Anggota timnas U-19 berkuliah di UNY juga dengan program kerjasama. Mereka pun satu angkatan dengan saya. Ikut ospek bersama pula. Ough tahun 2014 itu euoforia U-19 memang semarak!
 10. Kampus Penelitian Tiada Henti
Nah, kalau ini kebiasaan Ibu saya yang langganan koran. Ah aku lupa koran apa, Minggu Pagi, Tribun, Kedaulatan Rakyat atau apa, entahlah. Tapi tiap saya membaca rubrik di koran itu, selalu ada berita yang meliput penelitian yang dilakukan mahasiswa FMIPA UNY. Dari mulai penelitian kulit manggis, teh, terus apa lagi saya lupa u,u

Post a Comment

Previous Post Next Post