Sunday, April 8, 2018

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Hasil gambar untuk ilmu komunikasi
Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari cara manusia berkomunikasi dengan bahasa, baik verbal dan nonverbal, serta bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain. Komunikasi yang baik harus bersifat artikulatif dan persuasif, studi komunikasi merangkum semua teori tersebut dalam satu disiplin ilmu yang dapat diaplikasikan ke dalam berbagai bidang.
Berbicara tentang prospek kerja ilmu komunikasi, ada beragam bidang yang bisa dimasuki oleh lulusan studi komunikasi, mulai dari jurnalisme, hubungan masyarakat, penulis, bahasa asing, bisnis, hingga pemasaran. Berikut saya akan membahas 8 prospek kerja ilmu komunikasi di antaranya.
Penulis
prospek kerja ilmu komunikasi
Salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan manusia adalah melalui sarana tulisan. Kekuatan tulisan yang bersifat abadi mampu mendokumentasikan bermacam informasi, dari ilmu pengetahuan, sastra hingga teknologi. Maka dari itu, penulis bisa menjadi salah satu prospek kerja ilmu komunikasi. Seorang sarjana komunikasi bisa menjadi penulis sesuatu yang bersifat informatif seperti artikel berita hingga hiburan seperti novel. Tidak hanya itu, proses penyuntingan yang biasa dilakukan oleh seorang editor juga masuk ke dalam prospek kerja ilmu komunikasi. Keahlian menulis, penguasaan tata bahasa, serta ketelitian yang tinggi menjadi senjata bagi lulusan ilmu komunikasi yang menggeluti pekerjaan ini.
Prospek kerja ilmu komunikasi lainnya yang masih berada dalam dunia penulisan adalah Scriptwriter. Tugasnya adalah menulis script sebuah karya audiovisual seperti film dan sinetron. Selain kemampuan mengkomunikasikan ide yang dipelajari di bangku kuliah studi komunikasi, kepekaan imajinasi juga menjadi modal bagi kamu yang ingin menggeluti prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini.

Periklanan

prospek kerja ilmu komunikasi
Masih dalam bidang media, menjadi seorang Copywriter di bidang periklanan juga bisa menjadi prospek kerja ilmu komunikasi. Dalam pekerjaan ini, kemampuan yang dituntut dari sarjana ilmu komunikasi adalah penggunaan bahasa verbal dan nonverbal yang mampu mempersuasi masyarakat untuk membeli produk yang diiklankan. Seorang Copywriter dalam bidang periklanan biasa menulis brosur, kemasan produk, hingga jingle iklan.
Ada beberapa prospek kerja ilmu komunikasi lainnya di bidang periklanan, seperti departemen media, yang bertugas menempatkan iklan di tempat-tempat yang memiliki kemungkinan tinggi untuk dilihat oleh para konsumen. Kemudian ada departemen perencanaan yang memberi saran dan mengembangkan fokus iklan menggunakan wawasan mereka tentang bagaimana konsumen menggunakan komunikasi pemasaran. Pekerjaan ini berfungsi sebagai perantara klien dan agency periklanan.

Hubungan Masyarakat

prospek kerja ilmu komunikasi
Ilmu komunikasi sangat bisa diaplikasikan dalam menjadi penghubung antara suatu instansi dengan masyarakat luas. Prospek kerja ilmu komunikasi selanjutnya adalah menjadi seorang spesialis hubungan masyarakat atau biasa disebut public relation (PR). Dalam menghubungkan sebuah instansi dengan masyarakat, public relation berfungsi mendesain brand image dari suatu instansi, yaitu bagaimana kesan yang dicitrakan instansi tersebut di mata masyarakat. Selain itu, hubungan masyarakat dari kantor pemerintah juga bisa menjadi prospek kerja ilmu komunikasi. Ada bermacam media yang bisa digunakan untuk branding, seperti media sosial, pernyataan publik melalui pers, hingga penyelenggaraan atau sponsorship suatu event.
Sebagai prospek kerja ilmu komunikasi, public relation juga berfungsi sebagai kontrol pers saat instansi tempatnya bekerja mengalami suatu krisis atau skandal. Public relation mengkoordinasikan kemunculan instansi di media serta mengatur berita tentang instansinya yang akan dirilis pada publik.

Event Organizer

prospek kerja ilmu komunikasi
Event Organizer atau EO bekerja pada suatu perusahaan besar yang biasa mengadakan beragam jenis event, seperti pesta ulang tahun, social gathering, lomba, sampai pesta pernikahan. Kemampuan lulusan ilmu komunikasi dalam berhubungan dengan banyak orang sangat dibutuhkan dalam prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini. EO harus mengurus semua hal dengan detil, mulai dari klien, vendor, hingga para tamu atau undangan yang hadir. Maka dari itu pekerjaan ini sangat cocok dengan orang-orang yang mempelajari ilmu komunikasi.

Pembaca Berita

prospek kerja ilmu komunikasi
Banyak lulusan ilmu komunikasi yang menggeluti prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini. Pembaca berita baik di televisi maupun radio bertanggung jawab untuk menyampaikan kabar sehari-hari kepada publik melalui media tersebut. Prospek kerja ilmu komunikasi ini juga harus mampu mempersiapkan berita dari membaca, menginterpretasi, menulis, hingga mengkomunikasikannya. Dalam situasi spesifik seperti pada breaking news, para pembaca berita harus mampu berpikir cepat untuk memilah dan menyampaikan informasi-informasi yang relevan untuk diketahui publik tanpa bias, sekaligus dengan kepekaan pada peristiwa yang terjadi di lapangan.

Layanan Konsumen

prospek kerja ilmu komunikasi
Prospek kerja ilmu komunikasi berikutnya adalah menjadi perwakilan layanan konsumen dari suatu produk yang dijual perusahaan. Seorang lulusan ilmu komunikasi yang menggeluti pekerjaan ini harus memiliki kesabaran yang tinggi karena setiap harinya harus menghadapi keluhan para pelanggan.
Selain itu seorang perwakilan layanan konsumen harus senantiasa memiliki sikap positif terhadap segala masalah, mampu memahami dan dengan cepat menganalisis masalah yang dihadapi pelanggan untuk kemudian dicari solusinya. Tidak lupa, seorang perwakilan layanan konsumen harus mampu membuat setiap pelanggan yang mengajukan komplain merasa dihargai. Kemampuan-kemampuan ini yang membuat prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini membutuhkan orang dengan rasa empati yang tinggi.

Sales

prospek kerja ilmu komunikasi
Prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini masih berhubungan dengan produk dan konsumen. Salesperson, atau juga disebut sebagai Account Executive, Sales Agent, atau Sales Representative, menjual produk dan jasa dengan fokus untuk membuat konsumen yang loyal. Prospek kerja ilmu komunikasi ini sangat bersifat personal, kemampuan komunikasi dan berjejaring masing-masing pribadi Salesperson sangat berpengaruh pada kesuksesan kariernya.
Meskipun kecanggihan teknologi dapat mempermudah pekerjaan Salesperson untuk melakukan komunikasi dengan klien via telepon atau internet, kemampuan komunikasi secara langsung masih sangat dibutuhkan, karena tidak jarang mereka harus bertatap muka langsung dengan klien. Jika kamu memiliki kemampuan untuk mempersuasi calon konsumen, prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Analis Riset Pasar

prospek kerja ilmu komunikasi
Untuk dapat membuat suatu produk yang secara efektif dan efisien mampu terjual kepada pasar yang tepat, produsen biasanya melakukan riset dan analisis terhadap pasar. Pekerjaan di bidang ini juga dapat menjadi prospek kerja ilmu komunikasi. Seorang analis riset pasar bertugas mendesain alat-alat yang digunakan untuk mengukur efektivitas produk pada pasar. Alat-alat tersebut seperti kuesioner, polling, dan survei. Selain itu riset pasar yang dilakukan juga berfungsi untuk melakukan pengujian terhadap strategi pemasaran serta mencari tahu kebutuhan dan keinginan basis konsumen.
Analisis riset pasar tersebut harus dilakukan secara mendalam serta membutuhkan keahlian komunikasi dan analisis data. Dengan melakukan analisis tersebut serta memikirkan bagaimana cara perusahaan mengkomunikasikan dan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki, prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini dapat membantu perusahaan produsen meningkatkan keuntungan dan kepuasan konsumen.
Untuk kamu yang merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang saya bahas di atas, jangan khawatir. masih banyak prospek kerja ilmu komunikasi lainnya yang bisa kamu eksplorasi sendiri. Sangat banyak pilihan prospek kerja ilmu komunikasi bagi kamu yang tertarik untuk mempelajarinya. Prospek kerja ilmu komunikasi tersebut bahkan bisa kamu pilih sesuai minat dan bakatmu. Contohnya lulusan ilmu komunikasi yang mahir bermain gitar bisa menjadi seorang product specialist gitar atau alat musik lainnya. Tetap tekuni studimu di ilmu komunikasi dan berjuanglah menjadi apa yang kamu inginkan.

0 komentar:

Post a Comment