Tuesday, April 3, 2018

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Hasil gambar untuk manajemen

Prospek Kerja Manajemen

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jurusan manajemen memiliki prospek kerja yang sangat luas. Prospek kerja manajemen sangat fleksibel dan dapat ditempatkan di berbagai departemen. Dapat dikatakan bahwa seluruh perusahaan baik negeri maupun swasta memerlukan kualifikasi yang dimiliki oleh lulusan jurusan manajemen terlebih dengan kemampuan yang telah dipersiapkan di bangku perkuliahan.
Bagaimana sebenarnya prospek kerja jurusan manajemen yang ada khususnya di Indonesia ? Berikut daftar prospek kerja manajemen yang perlu diketahui :
  1. Tenaga Pendidikan/Pengajar/Dosen

Prospek kerja manajemen yang dapat diraih dengan memfokuskan pada pendidikan adalah sebagai tenaga pengajar di sekolah-sekolah. Lulusan manajemen juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi baik S2 maupun S3 dan kemudian menjadi seorang dosen yang akan mengabdi di universitas baik negeri maupun swasta. Propsek kerja manajemen di dunia pendidikan ini sangat terbuka lebar karena semakin banyaknya penyediaan beasiswa baik di dalam maupun luar negeri dan juga pertumbuhan jurusan manajemen di berbagai universitas dan perkembangan universitas baru yang tentunya membutuhkan banyak lulusan manajemen. 
  1. Konsultan Bisnis

Prospek kerja lulusan manajemen khususnya prospek kerja manajemen bisnis adalah menjadi konsultan manajemen bisnis di berbagai perusahaan. Konsultan bisnis adalah pihak yang memberi saran dan arahan kepada perusahaan untuk berkembang lebih baik. Arahan biasanya berbentuk tindakan operasional maupun konseptual. Saran sebagai konsultan kepada perusahaan biasanya meliputi perencanaan bisnis, analisis data, peningkatan sumber daya manusia, dan penentuan prestasi dan acuan kerja.
Konsultan bisnis harus memiliki kualifikasi dalam berbagai bidang tersebut sehingga dpat diandalkan oleh perusahaan. Semakin ahli seorang konsultan dalam memberikan saran yang membantu perusahaan maka akan semakin dipercaya dan diberikan imbalan lebih besar.
Dewasa ini kebutuhan akan konsultan makin menjadi prioritas. Tidak hanya pda perusahaan besar namun juga pada usaha skala UMKM dimana pemerintah memobilisasi konsultan ini untuk mengembangkan UMKM. Oleh karena itu prospek kerja jurusan manajemen bisnis akan sangat terbuka lebar. 
  1. Konsultan Perbankan

Selain prospek kerja manajemen sebagai konsultan bisnis di perusahaan. Lulusan manajemen juga memiliki kesempatan menjadi konsultan di lembaga perbankan. Apabila konsultan bisnis adalah menangani berbagai hal mengenai bisnis secara lebih luas. Konsultan perbankan memberikan arahan yang lebih spesifik tentang perbankan dan mengenai perkembangan dunia perbankan.
  1. Staff/Manajer di Bagian Marketing

Menjadi seorang yang bekerja di bidang pemasaran tentu aja menjadi spesialisasi prospek kerja manajemen yang memiliki konsentrasi di manajemen pemasaran. Bidang pemasaran merupakan bidang yang menuntut skill bagi pelamarnya khususnya kemampuan dalam mengelola konsumen, membentuk promosi yang dapat menarik konsumen, hingga berbagai langkah agar produk baik barang maupun jasa dapat terjual dan dimiliki oleh konsumen. Pada intinya prospek kerja jurusan manajemen di bidang pemasaran memerlukan kemampuan komunikasi untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian. 
  1. Staff/Manajer di Departemen SDM

Selain  memiliki prospek kerja di bidang pemasaran, departen Sumber Daya Manusia (SDM) juga memerlukan lulusan manajemen untuk bergabung di divisinya. Departemen SDM ini diperlukan untuk mengelola sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan agar bekerja secara efektif dan efisin.
Tanggung jawab yang biasa ditangani oleh bidang SDM dalah terkait kegiatan perekrutan karyawan baru, penilaian/evaluasi kinerja, prestasi kerja, upah/gaji, kesejahteraan karyawan, kesehatan karyawan, dan pelatihan peningkatan kemampuan dan pengetahan karyawan. Departemen SDM juga disebut dengan departemen personalia.

  1. Staff/Manajer di Bidang Keuangan/Financial

Bekerja di bidang keuangan juga merupakan prospek kerja manajemen khususnya yang memiliki konsentrasi manajemen keuangan. Bidang keuangan adalah bidang yang menangani kelancaran pemasukan dan pengeluaran keuangan hingga pembuatan laporan administrasi keuangan. 
  1. Staff/Manajer di Unit Produksi

Apabila perusahaan merupakan perusahaan yang begerak di bidang produksi baik barang maupun jasa pasti memerlukan tenaga ahli di bidang manajemen untuk mengatur keberjalanan produksi. Manajemen produksi biasanya memastikan ketersediaan bahan baku, proses produksi hingga barang siap di pasarkan. Oleh karenanya lulusan manajemen memiliki prospek kerja di bidang produksi di suatu perusahaan. 
  1. Agribisnis, Perbankan, Perdagangan dan Pertambangan

Prospek kerja manajemen sangatlah luas. Pada setiap perusahaan baik negeri maupun swasta pasti memerlukan tenaga ahli manajemen di berbagai konsentrasi. Terdapat berbagai sektor yang memerlukan lulusan manajemen diantaranya sektor agribisnis (PTPN, Perusahaan Pertanian/Perkebunan, Perusahaan Olahan Hasil Pertanian), Perbankan, Perdagangan, dan Pertambangan. 
  1. Manajemen Trainee

Kesempatan dalam prospek keja manajemen yang perlu diperhitungkan adalah manajemen trainee. Manajemen trainee atau disebut juga dengan Officer Development Program (ODP) adalah prorgam yang ditetapkan oleh perusahaan untuk para calon pelamar kerja yang akan ditempatkan di posisi manajerial.
Meski manajemen trainee dapat menerima fresh graduate namun posisi program ini memiliki syarat yang cukup ketat. Sebaiknya para mahasiswa jurusan manajemen jika ingin mengambil prospek kerja ini harus memiliki IPK yang tinggi, kemampuan bahasa inggris yang baik dan dibuktikan dengan sertifikat, pengalaman organisasi khususnya sebagai kepada bidang.
Manajemen trainee merupakan prospek kerja manajemen yang bisa dianggap bonafid karena memulai jabatan menjadi seorang manajer. Posisi yang diperoleh dari program ini akan menjadi andalan perusahaan karena pelatihan yang diberikan sudah mengarahkan para peserta menjadi seorang manajer dengan pengetahuan mengenai seluk beluk dan berbagai kondisi perusahaan. 
  1. Operasional

Menjadi staff operasional juga menjadi salah satu dari prospek kerja manajemen. Staff operasional seperti bidang administrasi, costumer service, front officer, dll dapat menjadi pilihan bagi lulusan manajemen. Namun demikian posisi ini tidak mensyaratkan secara spesifik jurusan manajemen akan tetapi mensyaratkan semua jurusan. Dengan demikian pesaing dari posisi ini akan berasal dari berbagai macam jurusan.
  1. Akuntan

Berbeda dengan bidang keuangan. Tugas akuntan adalah melakukan pencatatan administrasi dari pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh bidang keuangan. Prospek kerja lulusan manajemen menjadi akuntan adalah suatu pilihan apabila memiliki kualifikasi di bidang akuntansi. Meski demikian tentu saja pesaing utama dari prospek kerja ini adalah dari jurusan akuntansi.
  1. Pengusaha

Hal yang perlu digarisbawahi dari pembahasan prospek kerja manajemen adalah tidak hanya memposisikan lulusan manajemen sebagai pencari kerja. Namun dengan kurikulum yang disusun sedemikian hingga lulusan manajemen dapat menjadi manajer maka tidak menutup kemungkinan lulusan manajemen dapat membuka usaha secara mandiri. Bagi lulusan yang memiliki kemampuan berwirausaha maka dapat menjalankan bisnis dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.
Diantara berbagai prospek kerja manajemen yang ada, prospek inilah yang paling diperlukan oleh Indonesia dimana Indonesia memerlukan wirausaha-wirausaha baru yang akan menggerakkan perekonomian daerah hingga nasional.
Menjadi seorang entrepreneur juga dapat dilalui dengan mencari pengalaman terlebih dahulu dengan menjadi bagian dari salah satu atau beberapa prospek kerja manajemen yang dipaparkan sebelumnya. Setelah memperoleh pengalaman dan akses yang mendukung maka dapat memulai usaha yang sesuai dengan keahlian.

0 komentar:

Post a Comment