Cara Seting Bios Agar Bisa Instal Windows

Salah satu tahap yang harus dilakukan agar dapat melakukan instal ulang windows dengan menggunakan media flashdisk adalah mengatur settingan BIOS terlebih dahulu. BIOS merupakan tempat pengaturan sistem kerja pada laptop atau komputer. Di dalam BIOS nantinya ada beberapa pengaturan seperti pengaturan waktu dan bahkan kita bisa memberi password pada BIOS agar nantinya komputer bisa lebih aman. Pada BIOS Anda juga dapat melihat apakah hardware sudah terbaca atau terdeteksi oleh sistem komputer atau belum.

Untuk dapat masuk ke pengaturan BIOS biasanya akan diminta untuk menekan tombol tertentu sesuai dengan merk dan tipe laptop atau komputer. Biasanya ada beberapa merk dan jenis laptop yang untuk masuk ke BIOS diharuskan menekan tombol ESC, F1, F10. Tetapi pada umumnya menekan F2 dan DEL untuk masuk ke BIOS.

Cara Setting Bios Agar Bisa Digunakan Untuk Instal windows Menggunakan Flashdisk


1. Apabila laptop atau komputer dalam keadaan menyala, silahkan restart terlebih dahulu. Apabila dalam keadaan mati total, maka nyalakan terlebih dahulu.

Setelah menyala, beberapa saat kemudian kita diharuskan untuk menekan tombol untuk masuk ke BIOS. Silahkan perhatikan petunjuk untuk masuk BIOS pada bagian bawah layar kerja laptop Anda.

Jangan sampai telat untuk menekan tombolnya, kalau telat maka proses setting BIOS akan gagal dan Anda harus mengulangnya lagi dari awal ketika laptop atau komputer dihidupkan.

2. Setelah masuk BIOS, silahkan menuju pada bagian Boot.
Cara Setting Bios agar Bisa Digunakan untuk Instal windows Menggunakan Flashdisk

Aturlah bagian Boot persis seperti gambar di atas. Yang jelas penempatan USB HDD harus berada paling atas dan yang lainnya mengikuti. Perhatian saja merk flash yang Anda gunakan, kemudian letakkan pada prioritas pertama (Paling atas).

Jangan lupa untuk menyimpan settingan BIOS.

Selesai sudah pengaturan BIOS, selanjutnya laptop telah siap digunakan untuk menginstal ulang windows.

Post a Comment

Previous Post Next Post