Friday, July 20, 2018

Permainan Permainan Tradisional Yang Mulai di Tinggalkan

Masa anak-anak adalah masa yang paling bahagia dimana saat itu yang ada di pikiran kita Cuma belajar dan bermain. Siapa yang dulu begitu pulang sekolah abis makan siang langsung cabut keluar buat main bareng temen-temen? Permainan tradisional ini pun macem-macem, dari mulai layangan, petak umpet, galasin dan lain-lain. Terus kamu ngga bakalan pulang kalo belum adzan magrib, hehe. Sayangnya permainan-permainan tersebut mulai tergantikan dengan game digital baik itu video game maupun game smartphone. Anak-anak sekarang mungkin ngga pernah ngerasain sensasi kemenangan saat berhasil nangkep layangan putus :D

1. Petak Umpet

permainan tradisional
Sumber : Kompasiana.com


Permainan paling populer ini sangat dikenal di berbagi belahan dunia dengan versinya masing-masing. Mainnya pun gampang, penjaga harus mencari semua pemain yang ngumpet sampai ketebak semua. Tapi hati-hati jangan sampe ada pemain yang berhasil nyentuh benteng kamu, bisa-bisa yang udah ketebak pada ngumpet lagi :D

2. Tak Jongkok

permainan tradisional
Sumber : Intisari-online.com


Permainan yang cukup simpel tapi ngeselin. Intinya sih yang jaga cuma kejer-kejeran sama pemain lain sampe bisa kesentuh. Yang kena sentuh gantian jadi kucing terus ngejer-ngejerin yang lain. Peraturannya hanya si kucing ngga boleh nyentuh pemain yang jongkok. Yang ngeselin yah buat kamu yang ngga gesit, bisa-bisa jadi kucing seharian :D

3. Galah Asin/Gobak Sodor

permainan tradisional
Sumber : Galeripenjas.blogspot.com


Permainan berkelompok yang bisa melatih kamu berstrategi. Intinya tim dibagi menjadi 2, yang jaga dan yang lewat. Tugas penjaga harus menjaga agar tim lawan jangan sampe lewat semua. Serunya kalo yang main ramean, setiap tim terdiri dari 5 orang. Sangking serunya kadang suka ada yang berantem karena dianggap curang, hihi :D

4. Layangan

permainan tradisional
Sumber : Bukalapak.com


Walaupun sekarang masih ada, tapi udah ngga serame dulu lagi. Kalo dulu saban sore hari kalo ngeliat ke langit udah penuh sama layangan, dari yang main adu-aduan sampe yang Cuma nampang terbang doang. Yang kreatif kadang layangannya suka dikasih buntut atau digambar-gambar. Yang doyan ngadu biasanya pake benang gelasan yang tajem supaya layangan lawan putus. Tambah seru pas adegan ngejer-ngejer layangan putus. Hati-hati nyebur got, gengs :D

5. Pletokan/sumpitan

permainan tradisional
Sumber : Hargamainanku.com


Mainan ini buat kamu yang kreatif. Soalnya ngga ada jual jadi kamu harus bikin sendiri. Bahan-bahannya Cuma dari batang bambu muda kecil yang bolong di bagian tengahnya. Terus bagian depan dibikin sumpitan yang berfungsi sebagai laras, dan bagian belakang dibikin sodokan yang berfungsi sebagai pemicu. Pelurunya? cukup pake kertas basah atau buah jambu air yang masih kecil :D

6. Kelereng

permainan tradisional
Sumber : Permainan-tradisional.com


Dulu semakin banyak kamu punya kelereng, maka semakin tinggi kamu disegani. Tandanya kamu jago banget main kelereng atau yang biasa disebut gundu. Bentuknya yang bulet-bulet kecil dengan berbagai warna bikin kamu gemes buat nyentilin. Biasanya sih anak cowok yang suka main kelereng, terus sampe lupa waktu. Sekarang masih ada ngga yah yang main kelereng? :D

7. Ular Naga

permainan tradisional
Sumber : Permainan-tradisional.com


Permainan yang asik dimainin rame-rame dengan berbagai gender. Soalnya disini kamu Cuma muter-muter aja ngelewatin terowongan yang dibentuk dari dua orang penjaga. Sambil nyanyi-nyanyi ular naga panjangnya bukan kepalang, anak-anak yang lain ngebentuk ular yang makin rame main panjang. Saat lagu habis, dia yang pas banget di bawah terowongan langsung ditangkep oleh dua penjaga tersebut. Terus suruh milih deh, mau ikut yang mana :D

8. Engklek

permainan tradisional
Sumber : Harianguru.com


Awalnya permainan ini biasa dimainkan oleh anak perempuan. Tapi lama-lama anak laki juga tertantang buat ikutan. Soalnya permainan engklek melatih keseimbangan dan ketangkasan kamu saat melompat dengan kaki satu. Serunya lagi kalo kamu loncat terus kepleset, yang ada jadi bahan tertawaan teman-teman kamu deh :D

9. Tak Benteng

permainan tradisional
Sumber : Youtube.com


Beberapa anak dibagi menjadi dua tim yang saling bersaing merebut benteng lawan. Selain kerja sama tim, strategi yang bagus juga perlu loh. Biasanya dalam satu tim ada kaptennya yang selain larinya kenceng juga jago strategi. Ada juga anak bawang yang tugasnya ngejagain benteng biar ngga direbut lawan :D

10. Lompat Tali

permainan tradisional
Sumber : Pixoto.com


Anak SD 90an khususnya perempuan biasanya dalam satu geng punya minimal satu tali yang dibentuk dari kalet gelang. Tali tersebut mereka mainkan saat istirahat atau pas pulang. Sebenernya sih permainan ini cukup sulit, tapi entah kenapa kalo ada anak cowo yang ikutan dianggap bencong, haha. Ayo ngaku, anak cowo siapa yang pernah ikutan main lompat tali? :D

0 komentar:

Post a Comment