Permainan Permainan Tradisional Yang Tak Bisa Di Lupakan

Image result for anak indonesia
pixoto.com
Nah, kali ini kita mau ajak kalian untuk jalan-jalan ke masa lalu, masa kecil kita. Mengingat berbagai macam mainan yang biasa kita mainkan bersama teman dan sahabat. Yuk, pasang sabuk pengamannya, karena kita akan segera meluncur!

Mandi Hujan

Related image
viva.co.id
Siapa di antara kamu yang suka banget main hujan-hujanan? Lari-larian, ketawa bareng, dan main-main di genangan air jalanan. Kadang orang tua kita membolehkan kita untuk main hujan, kadang pula mereka meminta kita untuk diam di rumah, karena cuaca sedang tak bersahabat. Apa pun itu, masa kecil kamu yang pernah dihiasi dengan main hujan-hujanan akan mencipta kenangan yang membuatmu tersenyum tiap kali mengingat, bahkan mencritakannya kembali pada orang-orang terkasihmu. Sepertinya, gak sedikit juga ya dari kita yang masih suka mandi hujan sampai detik ini?

Tarik Tambang

Related image
waktuku.com
Tarik tambang adalah salah satu lomba yang populer pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia, dulu tarik tambang hanya identik dengan kaum pria, tapi sekarang banyak wanita yang juga senang ikut serta dalam permainan satu ini.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Pertandingan melibatkan dua regu, dengan 5 atau lebih peserta.
  • Dua regu bertanding dari dua sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat sebuah tali tambang.
  • Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis.
  • Masing-masing regu berupaya menarik tali tambang sekuat mungkin agar regu yang berlawanan melewati garis pembatas.
  • Regu yang tertarik melewati garis pembatas dinyatakan kalah.
Taktik permainan terletak pada penempatan pemain, kekuatan tarik dan pertahanan tumpuan kaki di tanah. Pada umumnya pemain dengan kekuatan paling besar ditempatkan di ujung tali, untuk menahan ujung tali saat bertahan atau menghentak pada saat penarikan.

Bakiak

Related image
grahabudayaindonesia.at.webry.info
Bakiak panjang atau yang sering disebut terompa galuak di Sumatera Barat ini merupakan terompah deret dari papan bertali karet yang panjang. Sepasang bakiak minimal memiliki tiga pasang sandal atau dimainkan tiga anak. Bakiak sebenarnya permainan tradisional anak-anak di Sumatera Barat. Anak-anak dari Sumatera Barat yang dilahirkan hingga pertengahan tahun 1970-an, sering dan biasa memainkan bakiak atau terompah panjang ini.
Bahkan, bakiak panjang ini menjadi salah satu mata acara permainan yang dilombakan tiap tanggal 17 Agustus di tingkat kelurahan, kecamatan, bahkan perumahan. Sayangnya, permainan tradisional ini sudah tidak banyak dimainkan oleh anak-anak zaman sekarang. Padahal permainan tradisional ini bermanfaat untuk melatih kekompakan, konsentrasi dan membangun kepercayaan satu sama lain.

Karambol

Related image
aniwa.lk
Karambol adalah permainan meja yang dapat dianggap sebagai modifikasi dari keluarga permainan biliar. Di dunia, permainan ini dikenal dengan banyak nama, seperti carrum, couronne, carum, karam, karom, karum, dan finger billiards (“biliar jari”). Permainan ini berasal dari India dan menyebar luas ke berbagai negara lainnya pada tahun 1970-an.
Berbeda dari permainan meja lainnya, karambol tidak memakai stik untuk menggerakkan bola, karena kita mengandalkan jari tangan yang disentilkan pada cakram untuk menggerakan cakram tepat ke sasaran. Sebagai permainan rakyat, baik di India maupun berbagai negara tetangganya (termasuk Indonesia) yang dijumpai di tepi jalan atau di tempat-tempat orang berkumpul. Kompetisi karambol biasa diadakan pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia di kampung-kampung. Sekarang? Rasanya sulit ya menemukan daerah yang melombakan permainan satu ini.

Dokter-dokteran

Image result for anak main dokter-dokteran
superkidsindonesia.com
Bermain dokter-dokteran adalah sebuah istilah yang merujuk kepada aktivitas dua orang anak-anak atau lebih yang memeriksa bagian tubuh masing-masing. Di antara mereka ada yang berperan sebagai dokter, suster, dan pasien. Anggaplah permainan ini sebagai kesempatan untuk mengajarkan berbagai hal seperti perbedaan antara laki-laki dan perempuan, privasi individu, dan bagaimana cara menghormati privasi orang lain. Anak-anak juga biasanya menggunakan permen untuk dijadikan pengganti obat.

Congklak

Image result for congklak
juanmarliyahadi.blogspot.co.id
Siapa yang tidak mengenal permainan tradisional yang satu ini? Permainan yang satu ini memiliki daya tarik sendiri dari bentuk papan congklak yang tersedia. Selain itu permainan ini juga tidak akan membuat kamu mengeluarkan keringat karena kita bermain dengan posisi duduk dan santai.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Permainan ini dimainkan oleh dua orang pemain.
  • Permainan ini menggunakan alat papan congklak dan biji congklak.
  • Terdapat 49 biji congklak yang di bagi ke 14 lubang kecil, setiap lubang berisikan 7 biji congklak.
  • Pemain suit untuk menentukan giliran main.
  • Pemain pertama, membagikan biji congklak yang ada di daerahnya, pilihlah salah satu lubang untuk dibagikan biji congklaknya kepada setiap lubang kecil, dan satu lubang besar yang mmenjadi milik kamu, atau tabungan biji kamu.
  • Membagikan secara berputar setiap melewati lubang isilah dengan 1 biji congklak.
  • Begitu seterusnya hingga biji congklak habis, jika sudah habis barulah giliran bergantian bermain.

Benteng

Related image
plat-m.com
Benteng adalah permainan tradisional favorit bagi anak 90an terutama anak laki-laki, karena permainan ini mengajarkan strategi perang dan kecepatan dalam menangkap atau menghindari musuh. Saat ini permainan ini sendiri sudah jarang dimainkan oleh anak-anak, permainan yang membutuhkan kerja kelompok ini tenggelam akan kemajuan teknologi di mana menjadikan anak-anak bermain di rumah, tanpa mengenal lingkungannya.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Pemain di bagi menjadi dua kelompok, setiap kelompok beranggotakan minimal 4-5 orang.
  • Setiap kelompok mempunyai benda yang nantinya akan dijadikan sebagai benteng, bisa terbuat dari tiang, bambu ataupun potongan batu bata.
  • Setiap kelompok mempunyai kawasan kekuasaan, yang disepakati di awal permainan.
  • Pemain yang memasuki kawasan lawan jika tersentuh oleh pemain lawan akan ditahan di sebelah benteng lawan dengan jarak sekitar 3-5 meter.
  • Pemain itu dapat kembali lolos jika pemain yang satu kelompok menyentuhnya kembali.
  • Pemenang adalah kelompok yang berhasil menyentuh benteng lawan tanpa terkena sentuhan dari pemain lawan.
  • Skor bisa ditentukan sesuai kesepakatan.

Petak Jongkok

Image result for petak jongkok
rumahceritaanak.com
Permainan petak jongkok adalah permainan yang dilakukan dengan berjongkok untuk menghindari pengejar. Permainan ini dimainkan oleh banyak anak dan tidak memerlukan alat bantu. Permainan tradisional petak jongkok memiliki nama yang bermacam-macam. Di daerah Purworejo, Jawa Tengah, permianan ini disebut Dodokan. Di daerah Purbalingga, permainan ini disebut Litunggrok.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Tentukan satu orang sebagai pengejar dengan hompimpa/ pingsut.
  • Untuk menghindari pengejar, setiap anak boleh berjongkok. Bila anak sudah berjongkok, berarti pengejar tidak boleh menyentuhnya.
  • Anak yang berdiri dapat membangunkan anak yang jongkok.
  • Tetapi anak yang terakhir jongkok berarti akan menjadi pengejar dan menggantikan pengejar lama bila pengejar yang lama bisa menyentuhnya.
  • Begitu juga dengan anak yang tidak jongkok namun berhasil disentuh oleh pengejar akan menjadi pengejar selanjutnya.

Petak Umpet

Image result for petak umpet
grid.id
Petak umpet ini sudah menjadi permainan yang bisa dikatakan legendaris, karena permainan yang satu ini tidak hanya ada di Indonesia tapi juga di belahan dunia juga terdapat permainan yang sama, hanya saja penamaan yang berbeda tapi inti dari permainan sama.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Permainan ini dimainkan oleh 3 atau lebih pemain.
  • Petak umpet adalah jenis permainan yang mempunyai berbagai macam jenis di setiap jenisnya memiliki peraturan yang berbeda-beda.
  • Simpelnya di permainan ini ada satu orang yang bertugas menjaga dan mencari, pemain lainnya yang mengumpat.
  • Saat mencari tempat mengumpat diberikan waktu dengan hitungan, biasanya 1-10.
  • Pemain yang tertebak akan di undi untuk dipilih siapa yang akan bertugas menjaga selanjutnya.

Bola Bekel

Image result for main bekel
flickr.com
Bola bekel termasuk ke dalam permainan tradisional Indonesia, karena sering dimainkan dan sudah ada sejak zaman dulu, permainan ini menjadi permainan favorit bagi anak perempuan. untuk menyelesaikan permainan ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Alat yang digunakan dalam permainan ini adalah bola bekel serta 10 biji kuwuk.
  • Pemain terdiri dari 3 sampai 5 orang anak.
  • Duduklah dan Buatlah lingkaran atau menyerupai lingkaran yang nanti bola bekel dan kuwuk berada di tengah, pemainpun memainkannya di tengah atau di depannya.
  • Permainan dimulai oleh satu orang pemain dan yang lainnya mengamati, pemain akan bergantian setelah pemain yang sedang bermain melanggar peraturan.
  • Peraturan disepakati di awal permainan.
  • Gengam biji kuwuk dan peganglah bola bekel menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, dipegang di satu tangan yang sama.
  • Lemparkan bola bekel ke atas dan jatuhkan semua biji, lalu setelah bola bekel memantul tangkaplah kembali bola bekel.
  • Lempar kembali bola bekel, sebelum bola bekel memantul ambilah satu biji kuwuk lalu tangkap kembali bola bekel.
  • Begitu seterusnya hingga biji kuwuk sudah diambil semua lalu, dibabak ke dua ambil dua biji kuwuk dalam satu lemparan, begitu seterusnya.

Balap Karung

Image result for balap karung
tribunnews.com
Balap karung adalah permainan tradisional yang hingga saat ini masih menjadi permainan tradisional yang populer dan sering dimainkan apalagi saat 17 Agustusan. Permainan ini dimainkan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua sekalipun.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Buatlah garis awal dan akhir dengan jarak 7-10 meter.
  • Gunakan karung sampai menutupi semua bagian kaki.
  • Berjalan dengan melompat dan cepat untuk mencapai garis akhir.
  • Siapa yang tercepat sampai ke garis akhir dialah pemenangnya.
  • Peserta terdiri dari 3 sampai 6 orang.
  • Permainan bisa dengan kerja tim atau sendirian.

ABC 5 Dasar

Image result for abc 5 dasar
bintang.com
Masih ingatkah kamu dengan permainan yang satu ini? Nama permainan ini diambil karena kamu bermaian ABC-an dengan mengunakan jemari. Permainan ini mengharuskan kamu berpikir dengan cepat. Memainkan permainan tradisional yang satu ini tidak menggunakan alat apapun hanya menggunakan jemari kita sebagai perhitungannya. Permainan ini dimainkan oleh tiga sampai lima orang, semakin banyak semakin seru. Cara bermainnya mudah, kamu dan teman-temanmu menyepakati nama-nama yang nantinya akan menjadi tema, misalkan nama-nama hewan, nama-nama pemain bola atau nama-nama negara. Nama-nama tersebut akan menjadi tema permainan tradisional ABC lima dasar.
Setelah itu kumpulkan jari-jari temanmu dan mulai berhitung dengan huruf alfabet. Contoh, semua jari yang keluar dari teman-teman ada 10 huruf alfabet kesepuluh adalah “J” nah huruf ini akan menjadi huruf nama-nama hewan yang berawalan huruf “J”. Pemain yang menjawab paling akhir atau tidak bisa menjawab akan mendapatkan hukuman yang telah disepakati diawal permainan. Manfaat permainan ini adalah mempercepat kinerja berfikir otak.

Masak-masakan

Related image
ranafathinahh.blogspot.co.id
Masak-masakan juga termasuk permainan tradisional yang sekarang sangat sulit untuk ditemukan, permainan yang satu ini biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan. Permainan ini biasanya menggunakan bahan alami, seperti tanah dedaunan dan remukan batu bata.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Semua bahan adalah alami, dan tidak bisa dimakan.
  • Permainan ini sifatnya hanya menghibur dan mengisi waktu luang.
  • Ada juga peralatan masak seperti aslinya, tapi dalam permainan ini semua peralatan masak dibuat kecil dan dari plastik.

Gobak Sodor

Related image
resmor.blogspot.co.id/2016/08/pentingnya-mengenalkan-permainan.html
Permainan yang satu ini tentunya menjadi permainan yang populer di Indonesia, bahkan hingga saat ini permainan tradisional gobak sodor dijadikan permainan untuk perlombaan. Permainan ini membutuhkan strategi dan kecepatan dalam, melewati musuh dan menangkap musuh, permainan yang satu ini juga menjadi permainan yang banyak digemari oleh anak laki-laki maupun perempuan.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Buatlah dua kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4-5 orang.
  • Ada kelompok yang bertugas menjaga dan ada juga yang bermain.
  • Kelompok yang menjaga akan menghalau laju kelompok lawan agar tidak bisa lolos, dan jika tersentuh maka akan berganti tugas.
  • Permainan ini membutuhkan lapangan yang cukup luas, buatlah seperti lapangan bulu tangkis, petugas penjaga berjaga di garis horizontal.
  • Petugas jaga yang ada diposisi paling depan dapat berlali mengikuti garis vertikal yang ada ditengah lapangan.
  • Pemain akan bolak balik, dan menggocek petugas jika lolos maka akan mendapatkan poin.
  • Pemenang adalah kelompok yang memiliki poin banyak.

Gasing

Image result for gasing
metrobali.com
Gasing atau gangsing adalah permainan tradisional yang sudah ada lama di Indonesia, permainan ini menjadi salah satu permainan favorit bagi anak laki-laki, karena permainan ini mengadu kekuatan dan ketahanan.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Permainan ini menggunakan alat yang bernama gasing.
  • Dimainkan di tepat yang datar.
  • Buatlah lingkaran yang nantinya gasing akan diadu di dalam lingkaran tersebut.
  • Gasing yang tidak keluar lingkaran dan berputar paling lama adalah pemenangnya.
  • Permainan ini bisa dimainkan oleh dua atau lebih.

Egrang

Related image
goodnewsfromindonesia.id
Egrang termasuk kedalam permainan tradisional Jawa Barat (sunda). Keberadaan egrang sampai saat ini masih bisa ditemui, tapi sudah jarang yang bisa memainkan permainan ini. Karena sedikitnya alat yang diproduksi, engrang juga sering dijadikan salah satu perlombaan dalam acaran 17 Agustusan, permainan ini menguji keseimbangan tubuh kamu, yang berdiri diatas bambu.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Permainan ini menggunakan 1 batang bambu yang berpasangan.
  • Permaian ini dimainkan oleh 2 atau lebih pemain.
  • Cara bermainnya siapa yang cepat sampai ke garis finish dialah pemenangnya.
  • Dalam memainkan permainan ini diperlukan keseimbangan dan kecepatan melangkah.

Kasti

Image result for kasti tradisional
bcvirtualpublisher8.wordpress.com
Nama kasti bukanlah nama yang populen di Indonesia, permainan ini mungkin memiliki cara bermain yang sama tapi nama permainan yang berbeda-beda sesuai pemahaman orang melihatnya. Permainan nama kasti adalah permainan tradisional yang kebanyakan dimainkan oleh anak laki-laki.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Permainan ini dimainkan minimal enam orang.
  • Membutuhkan bola kasti dan kapur untuk membuat kotak sesuai jumlah orang dan disetiap kota tertulis satu nama orang.
  • Pemain bermain secara bergiliran untuk melemparkan atau menggelindingkan bola kasti, jika bola kasti berhenti di satu kotak maka, nama yang tertulis di kotak tersebut menjadi kucing.
  • Kucing bertugas untuk melemparkan bola mengenai pemain lain, jika bola kasti mengenai pemain lain atau si kucing melemar tidak mengenai pemain makan akan mendapatkan poin.
  • Jika poin sudah mencapai batas yang ditentukan maka pemain tersebut akan mendapatkan hukuman, yang telah disepakati di awal permainan.

Boi-boian

Image result for boi-boian
flickr.com
Boi-boian adalah permainan tradisional Indonesia yang saat ini sudah jarang ditemui dan dimainkan oleh anak-anak pedesaan apalagi perkotaan. Permainan yang satu ini membutuhkan ketepatan dan kecepatan dalam memainkannya.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 4-5 pemain.
  • Permainan ini menggunakan alat pecahan genting yang nantinya akan disusun ke atas dengan jumlah 7-10 pecahan.
  • Selain pecahan genting bola kasti juga menjadi alat dalam permainan ini, jika tidak ada biasa diakali dengan membuat bola yang terbuat dari kertas yang di buat seperti bentuk bola dan diikat dengan karet gelang.
  • Tip pertama bertugas sebagai penyusun pecahan genting dan tim kedua bertugas sebagai penghancur genting dengan cara melemparkan bola kasti.
  • Permainan berawal dari tim penghancur genting melemparkan bolanya ke arah susunan genting dengan cara di gelindingkan.
  • Jika susunan genting hancur maka tim penyusun bertugas menyusun kembali genting, sambil menghindari bola yang terus dilemparkan ke arahnya.
  • Jika pemain terkena bola maka gugur dan jika pemain dari tim penghancur tidak mengenai sasaran genting maka akan gugur juga.
  • Permainan berakhir jika susunan genting kembali tersusun atau pemain yang berada di satu tim gugur semua.
  • Setelah itu tugas kelompok ditukar atau bergantian.

Lompat Tali

Image result for lompat tali
msdailylife.wordpress.com
Lompat tali termasuk permainan tradisional yang terbuat dari karet gelang, karet gelang yang digabungkan dan disusun panjang. Permainan ini sering dimainkan oleh anak-anak perempuan. Tali karet gelang yang digunkan dalam permainan ini adalah karet gelang yang belum matang.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Permainan dimainkan oleh 3 orang atau lebih.
  • Ada 2 orang sebagai pemegang tali dan yang lainnya bertugas melompati karet.
  • Ketinggian karet dimulai dari mata kaki hingga mencapai kepala bahkan tangan yang diacungkan ke atas.
  • Ketinggian hingga bagian dada, mengharuskan peserta melompat tanpa mengenai karet/tali.
  • Jika pemain mengenai karet atau terjerat karet maka pemain gugur dan bergantian dengan si pemegang karet.
  • Jika semua pemain sudah berhasil melewati tantangan lompatan dengan ketinggian akhir, maka permainan akan diulang dari awal, begitu seterusnya.

Ngadu Muncang

Related image
twitter.com
Ngadu muncang adalah permainan tradisional Indonesia. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki, dahulu permainan ini menjadi favorit dan jika kamu pernah memainkannya kamu akan merasa senang jika menang.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Dibutuhkan 2 biji muncang untuk diadu.
  • Letakan satu biji di bawah dan satunya di atas, lalu pukul dari bagian atas untuk memastikan siapa yang pecah.
  • Jika biji muncang yang di bawah tidak pecah, maka gantian yang tadi di bawah menjadi di atas.
  • Pemenang adalah yang memiliki biji muncang yang kuat dan tidak pecah jika diadu.

Kelereng

Related image
splitsider.com
Kelereng atau sering disebut juga gundu, adalah permainan tradisional yang terbuat dari kaca dengan bentuk bulat, permainan ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki, karena untuk bermain ini diharuskan mempunyai skill.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Bermain kelereng diperlukan dua pemain atau lebih.
  • Memainkan permainan ini ada banyak jenis cara permainannya dan juga peraturannya berbeda-beda disetiap jenis permainan.
  • Kelereng Dimainkan ditanah yang datar.

Layang-layang

Image result for main layangan
blitudik.com
Layang-lanyang adalah permainan yang menyenangkan dan seru, permainan ini banyak dimainkan oleh anak-anak pedesaan, biasanya didesa sendiri layangan hanya berbentuk seperti belah ketupat. Bermain layang-layang ada musimnya, dan disetiap daerah memiliki waktu yang berbeda-beda.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Membutuhkan ruangan terbuka untuk bermain permainan yang satu ini, seperti lapangan dan juga yang terdapat banyak angin untuk menunjang layangan.
  • Layangan biasanya terbuat dari kertas atau pelastik, bambu panjang yang tipis dan benang.
  • Setelah layangan terbang tinggi, permainan akan semakin seru jika kamu beradu dengan pemain lainnya.
  • Biasanya untuk mengadu kamu membutuhkan benang/senar gelasan (senar yang memiliki ketajaman).
  • Ada yang bermain ada pula yang mengejar, biasanya jika ada layangan yang putus atau kalah aduan, akan dikejar bersama-sama dan berebutan untuk mendapatkan layangan tersebut, dan disinilah keseruan sebenarnya.

Ular Naga

Related image
masirul.com
“Ular naga panjangnya bukan kepalang, berjalan-jalan selalu riang kemari, umpan yang lezat itulah yang dicari, ini dia nya yang terbelakang”. Ini adalah lagu yang biasa dinyanyikan oleh anak-anak pada saat bermain ular naga, permainan tradisional yang satu ini dapat membuat jantung deg-degan tapi diiringi canda dan tawa yang seru.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Dibutuhkan setidaknya 10 orang dalam permainan ini, dua orang bertugas sebagai penjaga dan delapan lainnya berbaris kebelakang membentuk ular, kedua tangan diletakkan di pundak pada teman teman yang berada di depannya.
  • Yang dua orang berhadap-hadapan dan saling berpegangan tangan lalu diangkat ke atas.
  • Setelah itu pemain berputar sambil melewati dua orang yang bertugas menjaga tadi.
  • Sambil permainan berjalan, diiringi nyanyian, semua peserta dan penjaga bernyanyi bersama, pada saat lirik terakhir ia akan dijepit oleh penjaga dan keluar dari ular.
  • Pemain kedua yang terkena akan menjadi ketua kelompok kedua dan yang pertama akan menjadi ketua kelompok yang pertama.
  • Untuk peserta ketiga dan seterusnya akan di berikan pilihan untuk mengikuti kelompok yang mana, biasanya dengan dikasih kode mau bulan apa bumi.
  • Setelah tertangkap semua, maka permainan perebutan anggota antar kelompok dimulai.
  • Yang anggotanya habis duluan ia adalah kelompok yang kalah.

Engklek

Related image
libmagz.com
Engklekan adalah salah satu permainan tradisional yang populer di Indonesia, permainan ini menjadi permainan yang gemar dimainkan oleh anak-anak perempuan.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Permainan ini membutuhkan petak yang nantinya dijadikan sebagai permainan.
  • Peraturan permainan menyesuaikan bentuk petak yang ada.
  • Permainan ini dimainkan oleh 3 atau lebih pemain.
  • Pemenang ialah yang memiliki banyak petak, setelah melewati tahapan permainan.
  • Permainan ini membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.
  • Permainan ini juga menggunakan satu kaki di setiap petak yang akan dilalui kecuali yang terdapat dua petak.

Pletokan

Image result for pletokan
satujam.com
Pletokan adalah permainan tradisional yang berasal dari Jakarta. Permainan yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi anak laki-laki, karena dengan permainan ini mereka akan merasakan serunya peperangan, dalam permainan ini juga mengajarkan arti pentingnya strategi dan kerjasama kelompok.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Buatlah dua kelompok dan carilah tempat yang bisa digunakan untuk bersembunyi dan menembak.
  • Peluru terbuat dari kertas yang di basahi dan dibuat bulat lalu di masukan ke lubang bambu.
  • Pemain memiliki tiga kali kesempatan, jika sudah terkena tembakan selama tiga kali maka akan gugur.
  • Ronde berlangsung 2 kali, jika seri maka akan diadakan ronde kedua.
  • Diawal permainan akan ada peraturan yang nantinya akan di laksanakan untuk terciptanya keamanan dan ke sportifitas.

Rangku Alu

Image result for rangku alu
smpn2kedirijatim.sch.id
Permainan rangku alu adalah permainan yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, permainan ini menjadi favorit di semua kalangan. Rangku alung biasanya dimainkan saat panen tiba. Untuk memainkannya kamu hanya memerlukan 4 batang bambu.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Terdapat dua kelompok untuk memainkan ini, masing-masing kelompok beranggotakan empat orang.
  • Satu kelompok bertugas menjaga dan satu kelompok lagi bermain.
  • Kelompok penjaga bertugas memainkan bambu yang di bentur-benturkan membentuk persegi diiringi nyanyian.
  • Kelompok yang bermain harus melompat-lompat untuk menghindari terjepit di sela-sela bambu.
  • Jika kelompok yang bermain kakinya terjepit maka, berganti tugas.

Polisi-Polisian

Related image
sunatdimalang.blogspot.co.id
Permainan ini memang tidak begitu populer seperti permainan tradisional lainnya tapi permainan ini banyak dimainkan oleh anak-anak desa, dan dalam permainan ini juga membutuhkan orang yang banyak agar lebih seru dan mengasyikan.
Peraturan dan Cara Bermain
  • Terbagi menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 7-10 orang.
  • Permainan ini lebih seru jika dimainkan di malam hari, biasanya malam minggu.
  • Kelompok pertama bertugas menjadi polisi dan yang kedua menjadi penjahat.
  • Polisi bertugas menangkap penjahat, penjahat boleh berkeliaran dan berlarian ke mana saja, tapi tidak boleh melebihi batas yang sudah ditentukan.
  • Jika polisi berhasil menangkap semua penjahat maka polisi menang.
Dari semua permainan di atas, permainan mana yang paling kamu kangenin? Gak ada salahnya lho kalau sekali-kali kita keluar sama teman untuk memainkan mainan tradisional ini bersama. Seandainya anak zaman sekarang masih bisa menikmati permainan-permainan ini, pasti mereka akan jauh lebih bahagia dan punya bekal cerita di masa tuanya nanti. Jadi makin bersyukur deh karena terlahir sebagai anak 90-an!

Post a Comment

Previous Post Next Post