Sunday, January 31, 2016

Persyaratan Pendaftaran SBMPTN



Siswa kelas XII sedang bersiap menghadapi ujian nasional (UN) dan proses seleksi mahasiswa baru. Selain melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), mereka juga bisa mendaftar ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
SNMPTN 2016 hanya dapat diikuti siswa lulusan 2016. Sedangkan mereka yang dapat menjadi peserta SBMPTN 2016 adalah siswa lulusan 2016 Serta lulusan 2014 dan 2015.
Syaratnya, calon peserta lulusan 2014 dan 2015 harus sudah memiliki ijazah. Jika baru lulus tahun ini, maka calon peserta SBMPTN 2016 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
Para calon peserta SBMPTN 2016 juga harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu. Biaya ini naik 100 persen dari tahun lalu yang hanya Rp100 ribu.
Pendaftaran SBMPTN 2016 sendiri dilakukan secara online. Siswa kelas XII maupun alumni SMA/sederajat bisa mempelajari tata cara pendaftaran secara lengkap dapat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Sedangkan tata cara pengisian formulir pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id. mulai 18 April.
Pendaftaran SBMPTN 2016 computer based test (CBT) dilakukan pada 25 April pukul 08.00 WIB sampai dengan 9 Mei pukul 22.00 WIB. Pada tahun pertama penerapan sistem ini, ada 16 perguruan tinggi negeri (PTN) yang akan menggelar SBMPTN 2016 CBT. Pendaftaran SBMPTN 2016 sistem paper based test (PBT) dibuka pada 25 April pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei pukul 22.00 WIB.
Ujian tertulis SBMPTN 2016 dengan sistem CBT dijadwalkan pada 28 atau 29 atau 30 Mei. Sedangkan ujian tertulis SBMPTN 2016 menggunakan sistem PBT direncanakan berlangsung serentak pada 31 Mei. Pada tanggal yang sama, peserta SNMPTN 2016, alias jalur undangan, yang lulus seleksi wajib datang ke kampus penerima untuk melakukan verifikasi fisik.
Setelah ujian tulis, peserta SBMPTN 2016 harus mengikuti ujian keterampilan pada 1 dan/atau 2 Juni. Ujian keterampilan ini digelar di berbagai kampus penyelenggara.

Menristek Ingin Naikan Uang Bidikmisi Jadi 1 Juta Perbulan



Menristek Dikti M Nasir mengatakan saat ini ada 60 ribu penerima beasiswa Bidik Misi di seluruh Indonesia. Bidik Misi adalah bantuan dana untuk mahasiswa yang mampu secara akademik namun mengalami hambatan ekonomi.

"Jumlah Bidik Misi ada 60 ribu yang kami alokasikan, dan kami akan meminta presiden untuk menambahkan 15 ribu lagi menjadi 75 ribu supaya Indonesia barat dan timur itu bisa tercover dengan baik," kata Nasir di kantornya, Senayan, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Menurut Nasir, secara umum saat ini penerima Bidi Misi berasal dari Indonesia bagian timur. Pulau Jawa justru relatif tidak terlalu banyak.

"Sementara ini lebih banyak dari timur, relatif. Timur lebih banyak dari barat. Dan jawa juga relatif tidak terlalu banyak, yang banyak itu timur," jelasnya.

Nasir menambahkan, tak hanya soal jumlah penerima yang ingin ia tingkatkan, jumlah dana yang diterima per mahasiswa pun ia berharap dapat naik. Menurutnya, ideal dana beasiswa setiap bulan untuk seorang mahasiswa adalah Rp 1 juta.

"Ini lagi berjuang ke DPR untuk menaikkan tarif itu karena rupiahnya bisa diterima penerima bidik misi cukup dalam satu bulan," tutur Nasir.

"Idealnya Rp 1 juta lah, tapi sekarang baru Rp 600 ribu. Idealnya Rp 1 juta karena sekarang biaya hidup naik, kos-kosan naik, tapi kami baru mampu anggarkan Rp 600 ribu," tutupnya. 

UNPAD Gratiskan Kuliah Sarjana Kedokteran Dan Dokter Spesialis

Mulai penerimaan mahasiswa baru tahun 2016 ini, Universitas Padjadjaran akan menggratiskan biaya pendidikan mahasiswa baru program studi Sarjana Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran. Kebijakan ini diambil antara lain untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter dan dokter spesialis di berbagai daerah, khususnya di Jawa Barat.
Kiri ke kanan: Dekan Fakultas Kedokteran Unpad, Rektor Unpad, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, serta Direktur Pendidikan Unpad (Foto oleh: Dadan T.)*
Kiri ke kanan: Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr., MSi., Sp.F., DFM, Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, MA., serta Direktur Pendidikan Unpad, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A-K., M.Kes. (Foto oleh: Dadan T.)*
“Kenyataannya, daerah-daerah itu memerlukan tenaga, jadi mereka siap untuk bisa memberikan biaya pendidikannya,” ujar Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, saat menggelar jumpa pers di Ruang Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (25/01).
Dalam jumpa pers tersebut, hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, M.A., Direktur Pendidikan Unpad, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A-K., M.Kes., Dekan Fakultas Kedokteran Unpad, Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr., MSi., Sp.F., DFM, serta Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Unpad, Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si.
Lebih lanjut Rektor mengatakan, kondisi ketersediaan tenaga dokter dan dokter spesialis di Jawa Barat tidak merata. Kebanyakan tenaga dokter dan dokter spesialis masih terpusat di kota besar. Menyadari hal tersebut, Unpad berkomitmen membantu mendistribusikan tenaga dokter dan dokter spesialis ke seluruh wilayah di Jawa Barat. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ada pula permintaan dari daerah lainnya di Indonesia.
Pada tahun akademik 2016/2017 ini, FK Unpad akan menerima 250 calon mahasiswa dengan rincian 125 dari jalur SNMPTN dan 125 dari jalur SBMPTN. Seluruh mahasiswa yang diterima melalui dua jalur seleksi tersebut akan digratiskan biaya kuliahnya melalui beasiswa yang dikeluarkan pemerintah daerah dari 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat maupun beasiswa dari berbagai pihak, termasuk instansi swasta.
Meski gratis, ada syarat yang ditetapkan Unpad kepada mahasiswa Pendidikan Dokter dan Dokter Spesialis, yaitu ada perjanjian antara calon mahasiswa dengan Unpad. Isi perjanjian kurang lebih menyatakan, ketika lulus nanti para dokter yang kuliah gratis ini wajib mengabdi di wilayah/instansi yang ditentukan. Jika tidak, Rektor berkomitmen tidak akan mengeluarkan ijazahnya.
“Unpad ingin membangun sikap kesiapan mengabdi sungguh-sungguh kepada masyarakatnya bagi para lulusannya. Jika tidak bersedia memenuhi perjanjian itu, jangan pilih kuliah di Kedokteran Unpad. Ada banyak perguruan tinggi lain yang juga menyediakan pendidikan kedokteran,” tegas Rektor.
Dekan FK Unpad, Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr., M.Si., Sp.F., DFM., menilai program penggratisan biaya kuliah di FK Unpad ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar mencintai masyarakat. “Ini adalah salah satu cara memfasilitasi mereka (mahasiswa) sehingga bisa bekerja dengan baik di masyarakat, dan karirnya bisa dibangun,” kata Yoni.*
#Sumber : unpad.ac.id

Jurusan Yang Kurang Peminatnya di SNMPTN



Jalur seleksi untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri memang dikenal sangat ketat. Baik seleksi masuk dengan tes tertulis atau tidak.
Untuk ujian tanpa tulis atau biasa dikenal dengan nama Seleksi Nasional Masuk Perguruan TInggi Negeri (SNMPTN), saat ini telah membuka pendaftarnya dan dalam dua hari ke depan akan segera ditutup.
Namun di balik banyaknya peminat yang ingin masuk PTN, ternyata ada juga beberapa jurusan di Perguruan Tinggi Negeri yang sepi peminat atau bisa dikatakan kurang populer, karena tidak terlalu populer dan mungkin dengan prospek tidak lebih baik dari jurusan dengan banyak peminat.
Berdasarkan data yang diambil dari SBMPTN tahun 2013, ada 5 program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit yang sepi peminat jika dibandingkan prodi yang lain. Berikut informasinya :
1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Saintek (IPA): Mikrobiologi Pertanian
Peminat di 2013: 123
Daya tampung: 9

Soshum (IPS): Sastra Nusantara
Peminat di 2013: 135
Daya tampung: 6

2. Universitas Indonesia (UI)
Saintek (IPA): Kesehatan Lingkungan
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 15

Soshum (IPS): Bisnis Islam
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 15

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)
Saintek (IPA): Teknologi Industri Pertanian
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 25
Soshum: Hubungan Masyarakat
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 24

4. Universitas Diponegoro (Undip)
Saintek (IPA): Agribisnis
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 24

Soshum (IPS): Sejarah Indonesia
Peminat di 2013: 247
Daya tampung: 30

5. Universitas Brawijaya
Saintek (IPA): Instrumentasi
Peminat di 2013: 72
Daya tampung: 12

Soshum (IPS): Bahasa dan Sastra Prancis
Peminat di 2013: 177
Daya tampung: 24.

Dan berdasardata yang diambil dari SBMPTN tahun 2013berikut ini PTN (non favorite) dengan program studi yang tidak ada sama sekali peminatnya ( 0 peminat ).
6. Universitas Syiah Kuala
Saintek (IPA):Teknik Geologi
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 12

Soshum:Ilmu Pemerintahan
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 24

Ekonomi Islam
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 24

7. Universitas Riau
Saintek (IPA):Sistem Informasi
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 24

Teknik Informatika
Peminat di 2013: 0

Daya tampung: 15

8. Universitas Jambi
Saintek (IPA):Farmasi
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 10

Saintek(IPA):Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 24

Saintek(IPA):Sistem Informasi
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 10

Saintek(IPA):Teknik Pertambangan
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 10

Saintek(IPA):Teknik Geologi
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 10

Saintek(IPA):Biologi
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 10

Saintek(IPA):Fisika
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 10

Saintek(IPA):Matematika
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 10

Soshum (IPS):Pendidikan Guru PAUD
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 24

Pendidikan Bahasa Arab
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 14

Pendidikan Sejarah
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 14

Sastra Indonesia
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 14

Psikologi
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 15

Ilmu Pemerintahan
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 90

Ekonomi Islam
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 21

9. Universitas Udayana (Unud) Bali
Saintek (IPA):Pendidikan Dokter Gigi
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 15

10. Universitas Hassanuddin (Unhas) Makassar
Saintek(IPA):Ilmu Komputer
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 30

11. Universitas Sriwijaya
Saintek (IPA):Ilmu Komunikasi
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 42

Saintek(IPA)Pendidikan Luar Sekolah
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 50

12. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
Saintek(IPA):Matematika
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 12

Saintek(IPA):Fisika
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 12

Saintek(IPA):Kimia
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 12

Saintek(IPA):Biologi
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 12

Saintek(IPA):Sistem Komputer
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 11

Soshum (IPS):Pendidikan Bahasa Mandarin
Peminat di 2013: 0
Daya tampung: 8.

Jurusan Yang Kurang Diminati Tapi Prospek Kerjanya Bagus



1. Ilmu Perpustakaan

Di beberapa kampus/universitas, jurusan ilmu perpustakaan ini masuk ke fakultas ilmu budaya (FIB) atau fakultas ilmu sosial dan politik (FISIP) tapi gak ada bedanya sih. Di jurusan ini selain ilmu sosial, lo juga akan belajar hukum dan teknik yang berkaitan dengan cara mengelola atau menyebarluaskan informasi.
Prospek: Lulusan ilmu perpustakaan punya prospek kerja cukup luas mulai jadi programmer, sekretaris sampai document controller di perusahaan minyak atau kepolisian. Universitas yang punya jurusan ilmu perpustakaan antara lain: UI, UGM, UNS, UNDIP, UNAIR, UIN, dll.

2. Ilmu Arkeologi

Pernah lihat film National Treasure, atau Tomb Raider kan? Kalo suka banget sama film kayak gitu, bisa jadi lo juga bakal suka kuliah di jurusan arkeologi. Sewaktu kuliah lo bakal sering studi lapangan di tempat-tempat yang jarang didatengin orang, gali tanah kayak cari harta karun dan tetap dibayar!
Prospek: Karir lulusan ilmu arkeologi bisa jadi peneliti atau ahli benda-benda peninggalan sejarah. Universitas yang terkenal dengan jurusan arkeologinya adalah UI, UGM, UNHAS dan UDAYANA.
 3. Sastra Jawa
Ini nih yang sering jadi bahan ejekan anak sekolah, emang sih gak semua juruan sastra sepi peminat; misalnya sastra Inggris, sastra Jepang atau sastra Indonesia tetap banyak peminatnya tapi coba tengok sastra daerah lainnya. Bukan cuma bahasa, lo juga bisa belajar budaya daerah yang seru-seru mulai dari musik, pakaian, makanan, dll.
Prospek: Lulusan jurusan sastra daerah bisa kerja sebagai pengajar, kerja di media massa, kerja di museum, seniman atau jadi peneliti di perusahaan negara. Universitas yang punya jurusan sastra jawa adalah UI, UNNES, UGM dan UNS.
 4. Ilmu filsafat
Denger kata filsafat rasanya udah ngeri aja yaa… tapi lebay ah kalo bilang begitu. Ilmu filsafat itu keliatannya ribet karena memang di jurusan ini kita akan belajar perilaku dan fenomena manusia, bersikap kritis pada apapun untuk menemukan solusi dari permasalahan.
Prospek: Setiap perusahaan bisa rekrut para filsuf untuk menyelesaikan masalah SDM atau apapun walau di Indonesia memang belum banyak yang cari lulusan jurusan ini. Universitas yang memiliki jurusan filsafat ini adalah: UI & UGM.

5. Ilmu Astronomi

Kalo dari kecil lo sering lihat bintang-bintang di langit, suka banget main ke teropong binta boscha di Bandung berarti lo ada minat buat kuliah di ilmu astronomi.
Prospek: Memang jarang banget yang kuliah di jurusan ini, tapi bukan berarti lulusannya bakal nganggur karena lo bisa jadi peneliti di lembaga pemerintahan misalnya LAPAN, LIPI atau BMKG. Dan tempat universitas yang ada jurusan astronomi di Indonesia cuma ITB.

6. Seni peran

Pasti banyak yang kepengen jadi artis sinetron atau film tapi berapa banyak sih yang mau buat belajar akting di kuliah? rata-rata anak jaman sekarang kalo ditanya paling kepengen kuliah di seni rupa dan desain. Padahal seni peran atau teater juga gak kalah keren.
Prospek: Kalo lo beruntung dan mau kerja keras maka bukan gak mungkin lo bisa jadi bintang film internasional atau bisa juga jadi produser atau sutradara setelahnya.

7. Kehutanan

Beda dengan IPB yang fokusnya ke pertaninan, kalo di fakultas ini lo bakal lebih banyak belajar tentang hutan tapi bukan berarti lo lulus bakal jadi penjaga hutan atau tarzan. Lo bakal dibekali ilmu tentang sumber daya alam yang penting dan dicari oleh perusahaan yang bisnisnya kelola SDA.
Prospek: Gak mesti kerja di perusahaan sih, contohnya Joko Widodo (Jokowi) itu lulusan fakultas kehutanan UGM lho. Dan gak cuma di UGM, lo bisa belajar di fakultas kehutanan di IPB, USU, UNLAM, dll.

8. Teknik perkapalan

Biasanya sih kalo ditanya, banyak bilang kuliah di teknik mesin, elektro atau teknik sipil kayak ‘si doel anak sekolahan’. Tapi yang ini beda nih, namanya teknik perkapalan dan udah pasti belajar soal kapal laut dan segala macam yang bisa ngambang di air.
Prospek: Selama masih ada perusahaan minyak, maka lo gak akan nganggur karena lulusan teknik perkapalan dibutuhkan buat pembuatan kapal laut dan lo juga bisa kerja di perusahaan kapal kayak PT. PAL. Selain di UI lo juga bisa kuliah teknik perkapalan di ITS, UNDIP, dll.

9. Manajemen transportasi

Selama manusia sering berpindah-pindah, selama masih ada mobil, kapal dan pesawat maka lulusan manajemen transportasi masih dibutuhin. Karena di jurusan manajemen transportasi lo bakal belajar manajemen lalu lintas kendaraan baik itu darat, laut ataupun udara.
Prospek: Lo bisa kerja di bandara, pelabuhan atau DLLAJ, kerjanya juga seru apalagi kalo lo emang suka liatin kendaraan lalu-lalang. Kalo tertarik, lo bisa belajar di STMT Trisaksi atau UNJ.

10. Teknik kelautan

Hampir mirip sama teknik perkapalan, tapi belajar sistem desain anjungan lepas pantai yang biasa dipakai buat ngebor minyak bumi atau gas dan belajar sistem pipa untuk transfer minyak bumi.
Prospek: Nah, lulusan teknik kelautan biasanya banyak dicari perusahaan minyak semacam Pertamina atau Petronas. Dan lo bisa belajar teknik kelautan di UNHAS, ITB, ITS atau IPB, dll.

Saturday, January 30, 2016

Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Dengan Beasiswa Penuh

Penerimaan mahasiswa baru segera tiba. Sejumlah kampus sudah melaksanakan tes penerimaan mahasiswa baru buat lulusan sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan. 


Berikut ini adalah daftar perguruan tinggi ikatan dinas dan beasiswa penuh yang menerima mahasiswa baru pada tahun 2015.


1. Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta, Jalan Raya Gandul, Cinere, Jakarta Selatan.


2. Akademi Kimia Analis Jawa Barat, Jalan Ir H Juanda 7, Bogor. *


3. Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta, Jalan Timbul 34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan.*


4. AKAMIGAS-STEM – Akademi Minyak dan Gas Bumi (Sekolah Tinggi Energi dan Mineral) di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Lokasi kuliah Cepu, Jawa Tengah (kawasan rig dan pengeboran minyak).


5. AKIP – Akademi Ilmu Permasyarakatan di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Lokasi kuliah di Depok.


6. Akmil - Akademi Militer RI. 


7. Akpol - Akademi Kepolisian RI.


8. Badan Meteorologi Nasional (BMG), Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), Jalan Perhubungan I Nomor 5, kompleks Metro, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang.


9. Badan Pusat Statistik (BPS), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Jalan Otto Iskandardinata Nomor 64C, Jakarta Timur.


10. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang.


11. MMTC – Sekolah Tinggi Multi Media Training Center di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo). Lokasi kuliah di Yogyakarta.


13. Politeknik Kesehatan DEPKES Surabaya, Jalan Pucang Jajar Tengah 56, Surabaya.


14. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Jalan Cimandiri 34-38, Bandung.


15. Sekolah Tinggi Manajemen Industri Jakarta, Jalan Letjen Suprapto 26, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.*


16. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Jalan Dr Setiabudi 186, Bandung.


17. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Curug Banten, Jalan Raya PLP Curug, Tangerang.


18. Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Jalan AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.


19. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta, Jalan Tata Bumi 5, Banyuraden,
Gamping, Sleman, Yogyakarta.



20. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Jalan Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor.


21. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Jawa Barat, Jalan Jakarta Nomor 31, Bandung.*


22. Sekolah Tinggi Transportasi Darat Jawa Barat, Jalan Raya Setu Km 3,5, Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.


23. Sekolah Tingi Kesejahteraan Sosial Jawa Barat, Jalan H Juanda 367, Bandung.


24. STIS – di bawah Badan Pusat Statistik (dapat uang saku per bulannya Rp 850.000).


25. STPDN/IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri di bawah Kementerian Dalam Negeri RI. 


26. STPN – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional di bawah Badan Pertanahan Nasional RI. Lokasi kuliah Yogyakarta.


27. STSN – Sekolah Tinggi Sandi Negara – di bawah Lembaga sandi Negara. Lokasi kuliah di Bogor.

Cara dapatkan Beasiswa Kuliah



Beasiswa tidak terbuka untuk mereka dengan prestasi akademik gemilang saja, Bright Friends. Banyak cara untuk meraih kesempatan beasiswa sesuai dengan kualifikasi yang Anda miliki. Bagaimana caranya?
Pendidikan yang tinggi dipercaya dapat mengubah masa depan seseorang menjadi lebih baik. Hanya saja, mendapatkan akses pendidikan tinggi yang baik tidaklah murah. Selain biaya masuk, seorang mahasiswa baik itu mahasiswa jenjang S1, S2 maupun Doktoral mau tidak mau mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membeli buku dan melakukan penelitian.
Beasiswa adalah salah satu solusi tepat untuk mengatasi masalah finansial para mahasiswa. Selain meringankan beban finansial, jika berhasil mendapatkan beasiswa tentu akan memberi nilai tambah bagi resume Anda. Siapa sajakah lembaga yang mau memberikan bantuan beasiswa? Simak tips berikut ini sebelum Anda “hunting”!
Beasiswa dari universitas 
Biasanya banyak universitas baik di dalam maupun luar negeri yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa baru. Jadi, sebelum mendaftarkan diri di universitas yang Anda tuju, ada baiknya untuk bertanya apakah universitas tersebut memberikan beasiswa untuk mahasiswa baru.

Ada beberapa pertimbangan yang diajukan pihak universitas sebelum menerima Anda sebagai peserta beasiswa. Masing-masing universitas, fakultas dan jurusan biasanya memiliki syarat yang berbeda-beda. Ada yang mengutamakan prestasi akademik dengan batas nilai minimum, ada juga yang pertimbangannya berdasarkan status ekonomi pelamar beasiswa.
Tapi ada juga universitas yang mempertimbangkan pemberian beasiswa karena prestasi non-akademik seperti ekstrakulikuler yang Anda ikuti. Misalnya, secara akademik prestasi Anda tidak begitu baik, tapi Anda handal dalam cabang olahraga basket.
Setiap tahunnya, peraturan mengenai hibah beasiswa dari universitas biasanya berbeda-beda. Beberapa univeritas menawarkan beasiswa sejak awal kuliah, tapi beberapa menawarkan beasiswa hanya pada mahasiswa tingkat tertentu. Namun tak jarang juga universitas yang menawarkan beasiswa penuh (full time) untuk program atau jurusan tertentu setiap tahunnya. Sebaiknya berkonsultasilah dengan academic advisor agar Anda mendapat keterangan yang lebih jelas mengenai syarat dan ketentuan beasiswa.
Beasiswa dari pemerintah
Jika pihak universitas tidak menyediakan program beasiswa, Anda bisa beralih pada program beasiswa yang dicanangkan oleh pemerintah, baik dalam negeri maupun luar negeri. Biasanya beasiswa dari pemerintah lebih spesifik jenisnya, berdasarkan prestasi ataupun kebutuhan penerima beasiswa.

Banyak beasiswa dari pemerintah yang ditujukan untuk mereka yang tidak mampu, misalnya untuk mereka yang tinggal di daerah terpencil, perempuan, mahasiswa yang menderita cacat fisik, atau memang benar-benar tidak mampu secara finansial.
Beasiswa untuk program master dan doktoral juga banyak diberikan oleh pemerintah. Hanya saja persaingannya sangat ketat. Namun begitu beasiswa ini patut dicoba, sebab dana yang diberikan seringkali mencakup semua total biaya kuliah hingga Anda lulus. Konsultasi dengan academic advisor untuk mencari tahu apakah Anda memenuhi syarat untuk ikut serta dalam program beasiswa yang ditawarkan pemerintah.
Beasiswa dari perusahaan swasta
Jika Anda baru lulus sekolah menengah atas dan ingin mencari beasiswa untuk melanjutkan jenjang S1, tanyakan pada orang tua apakah perusahaan tempat mereka bekerja menawarkan program beasiswa untuk anak pegawainya.

Begitu juga dengan Anda yang sudah bekerja, tanyakan kepada HRD apakah ada kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa untuk karyawan.
Beasiswa dari yayasan
Universitas dan perusahaan swasta bukanlah satu-satunya sumber beasiswa. Anda bisa juga mencoba beberapa charitable foundation dan beasiswa dari perorangan. Biasanya beasiswa ini tidak hanya berlaku untuk tujuan belajar di dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Seperti halnya beasiswa dari pemerintah, beasiswa yang diberikan oleh charitable foundation ditujukan untuk mereka yang kurang beruntung atau specific target. Terkadang beasiswa jenis ini hanya menawarkan beasiswa program pendidikan tertentu untuk calon mahasiswa dari daerah yang belum dianggap maju. Tapi, beasiswa dari charitable foundation ini juga tidak menutup kemungkinan untuk mereka yang aktif berorganisasi atau aktif dalam melakukan kerja sosial.
Jangan ragu-ragu : segera daftar!
Seperti halnya sekolah, sertiap beasiswa juga memiliki gengsi tersendiri. Jangan ragu untuk mendaftar beasiswa yang peminatnya sedikit, atau hanya menawarkan biaya pendidikan yang tidak banyak. Untuk mengatasinya, daftarlah beberapa beasiswa sekaligus, agar dana pendidikan yang terkumpul mencukupi seluruh biaya yang Anda butuhkan untuk melanjutkan studi.

Lakukan riset, baca syarat dan ketentuan beasiswa dengan jelas sebelum mulai mendaftar. Jangan berkecil hati sebelum mencoba, karena beasiswa tidak melulu ditujukan untuk mereka yang memiliki prestasi akademis sempurna. Talenta dan bakat Anda pun bisa saja menjadi modal utama untuk meraih beasiswa impian. Selamat berburu beasiswa, Bright Friends!

Biograhpy of Bill Gates


William Henry Gates was born on October 28, 1955 in Seattle, Washington. As the principal founder of Microsoft, Bill Gates is one of the most influential and richest people on the planet. Recent estimates of his wealth put it at $56 billion, this is the equivalent of the combined GDP of several African economies. In recent years he has retired from working full time at Microsoft, and has instead has concentrated on working with his charitable foundation “The Bill and Melinda Gates Foundation”
Bill Gates foundation of MicrosoftBill Gates founded Microsoft in 1976 when he formed a contract with MITTS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems) to develop a basic operating system for their new microcomputers. In the early days Bill Gates would review every line of code. He was also involved in several aspects of Microsoft’s business such as packing and sending off orders.Bill Gates – WindowsPhilanthropic Activities – Bill Gates

Bill Gates
The big break for Microsoft came in 1980 when IBM approached them for a new BASIC operating system for its new computers. In the early 1980s IBM was by far the leading PC manufacture. However, increasingly, there developed many IBM PC clones; (PCs developed by other companies compatible with IBM’s). Microsoft worked hard to sell its operating system to these other companies. Thus Microsoft was able to gain the dominant position of software manufacture just as the personal computer market started to boom. Since its early dominance, no other company has come close to displacing Microsoft as the dominant provider of computer operating software.
In 1990 Microsoft released its first version of Windows. This was a break through in operating software as it replaced text interfaces with graphical interfaces. It soon became a best seller and was able to capture the majority of the operating system market share. In 1995 Windows 95 was released, setting new standards and features for operating systems. This version of windows has been the backbone of all future releases from Windows 2000 to the latest XP and Vista.
Throughout his time in office Bill Gates has been keen to diversify the business of Microsoft. For example Microsoft’s Internet Explorer became the dominant web browser, although this is mainly because it comes pre installed on most new computers, and in recent years has seen its market share slip.
One area where Microsoft has never been as successful is in the area of search engines. MSN live search has struggled to gain more than 5 % of market share. In this respect Microsoft has been dwarfed by Google. Nevertheless the success of Microsoft in cornering various aspects of the software market has led to several anti trust cases. In 1998 US v Microsoft, Microsoft came close to being broken up into three smaller firms. However on appeal Microsoft were able to survive as a single firm.
Bill Gates is married to Melinda French (married in 1992). They have three children Jennifer (1996), Rory (1999) and Phoebe (2002). With his wife Bill Gates formed the Bill & Melinda Gates Foundation. Bill Gates says much of the inspiration came from the example of David Rockefeller. Like Rockefeller, Gates has sought to focus on global issues ignored by the government; he also expressed an interest in improving the standards of public school education in the US. He has appeared with Oprah Winfrey to promote this objective. In respect to charitable, philanthropic activities Gates has also received encouragement from investor Warren Buffet, who has given away $17 billion, through the Gates Foundation.
From 2008 Gates has worked full time on his philanthropic interests. It is estimated Gates and his wife Melinda have given away $28 billion via their charitable foundation – including $8 billion to improve global health.
Gates has said that he has no use for money, and will only leave a small percentage of his wealth to his children. In an interview with the Daily Telegraph, Gates states:
“I’m certainly well taken care of in terms of food and clothes,” he says, redundantly. “Money has no utility to me beyond a certain point. Its utility is entirely in building an organisation and getting the resources out to the poorest in the world.” (1)
His main areas of interest in philanthropy have been improving health, and in particularly helping to reduce diseases, such as polio which affect young children. He has also given more focus to environmental issues. In 2015, he gave $1 billion to a clean energy project, as he sees supporting new ‘greener’ technologies as a way to help deal with global warming.

Aturan Penilaian Dalam SBMPTN

Foto SBMPTN
SBMPTN merupakan salah satu seleksi nasional menuju perguruan tinggi negeri. SBMPTN berbeda sekali dengan SNMPTN. Mengapa berbeda? karena dalam SBMPTN pesera harus menyelesaikan berbagai macam soal yang tingkat kesulitannya sangat tinggi sekali. berbeda dengan SNMPTN yang hanya mengandalkan nilai raport dan UN.
Dalam mengisi soal SBMPTN sebaiknya anda harus mengetahui beberapa hal supaya anda tidak terjebak dengan namanya soal. dianaranya sebagai berikut:


A. Mengetahui JenisTes

Tes Potensi Akademik (TPA)
Tes Bagian Studi Prediktif (TBSP) :

Adapun materi / mata pelajaran SBMPTN ialah

Tes Sektor Studi Basic terdiri atas mata ujian Matematika Basic, Bahasa Indonesia, & Bahasa Inggris.
Tes Sektor Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, & Fisika.
Tes Sektor Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Histori, Geografi, &Ekonomi.

Pembobotan Hasil Ujian

Acara Studi yg tak mengadakan uji keterampilan, proporsi bobotnya yakni sbgberikut :

* 1. Tes Potensi Akademik (TPA) : 30%
* 2. Tes Bagian Studi Prediktif (TBSP) : 70%

Acara Studi yg mengadakan uji keterampilan, proporsi bobotnya yakni yang merupakan berikut :

* 1. TPA dan TBSP : 60%
* 2. Uji Keterampilan : 40%

Penilaian Hasil Ujian

Penilaian hasil ujian memakai keputusan juga sebagai berikut :

* 1. Jawaban BENAR : + 4
* 2. Jawaban SALAH : – 1
* 3. Tak Menjawab : nol

Tiap-tiap mata ujian bakal dinilai berdasarkan peringkat dgn skala 0 hinggaseratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan. Oleh dikarenakan itu, tiap-tiap mata ujian mesti dikerjakan sebaik bisa saja & tak ada yg diabaikan.

Uji Keterampilan buat sekian banyak acara studi.

1. Ujian Keterampilan dilakukan terhadap Tanggal yg sudah di tetapkan
2. Bagi penyandang tuna netra yg mau mengikuti seleksi ini bakal dipanduPegawai kusus.
3. Bagi peserta seleksi yg memilih acara studi Keolahragaan dan/atau kesenian,Acara Studi Pendidikan Guru Sekolah basic(PGSD)/Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) & Acara Studi Pendidikan Anak Umur Dini (PAUD) diwajibkan mengikuti Uji Keterampilan husus.
4. Anggaran mengikuti keterampilan husus dibayarkan pada PTN pilihan ygmelakukan ujian & ditanggung sendiri oleh peserta.
5. Peserta yg memilih 2 (dua) Acara Studi Kesenian/Keolahragaan/ PGSD/PGMI diwajibkan mengikuti uji keterampilan di ke-2 acara studitersebut.
6. Hasil ujian keterampilan husus dipakai yang merupakan salah satu penentu kelulusan ujian.
Foto Ujian SBMPTN

Berikut ini yakni materi ujian utk SBMPTN
1. Test Potensi Akademik (TPA) : bobot penilaian 30 %

TPA berfungsi menilai tiga kapabilitas calon mahasiswa, merupakan kapabilitaskomunikasi, analisis, & berhitung.
TPA adalah indikator panilaian intelegensia alamiah peserta,
TPA utk menjaring peserta didik yg betul-betul mempunyai kapabilitas ygkomprehensif.
Wujud TPA : berupa tes kapabilitas berpikir dengan cara logisdan tidak sama dari psikotes yg umumnya ditangangi husus oleh satu orang psikolog
Tes ini serta bermanfaat yang merupakan indikator penilaian yg bebas dari kontaminasi bimbingan menggali ilmu lantaran rata rata peserta didik yg lulus &sanggup mengerjakan soal tes cuma sebab hafal rumus yg diperoleh ketikamengikuti bimbingan mencari ilmu saja & bukan munrni kekuatan berpikir sendiri.
TPA pun bertujuan buat menekan angka drop out (DO) dikarenakan tes ini bakalmemberikan penilaian & menimbang cocok-tidaknya peserta didik ygbersangkutan di terima di jurusan yg dirinya pilih. Alasannya, tidak sedikit kasuspeserta didik yg di terima masuk PTN tak dapat menyelesaikan kuliahnyadikarenakan hal ketidakcocokan dgn jurusan yg dipilih.

2. Tes Potensi Bagian Studi Prediktif (TPBSP) : bobot penilaian 70 %

Terdiri atas :

Kebolehan Basic – 105 menit

Matematika basic : 15 soal
Bahasa Indonesia : 15 soal
Bahasa Inggris. : 15 soal
Prakiraan rata rata kecepatan mengerjakan 1 soal = 1,2 menit = 72 detik

Kapabilitas IPA – 75 menit

Matematika IPA : 15 soal
Biologi : 15 soal
Kimia : 15 soal
Fisika. : 15 soal
Kecepatan mengerjakan 1 soal = 1,5 menit = 90 detik

Kebolehan IPS – 75 menit

histori : 15 soal
Geografi : 15 soal
Ekonomi : 15 soal
Sosiologi (mapel baru tahun2009) : 15 soal
Kecepatan mengerjakan 1 soal = 1,5 menit = 90 detik

B. Penilaian hasil ujian

1.Penilaian hasil ujian memakai keputusan yang merupakan berikut :

jawaban benar = + 4
jawaban salah = -1
tak menjawab = nol

2. Tiap-tiap mata ujian dapat dinilai berdasarkan peringkat bersama skala 0hingga seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan. Oleh sebab itu, tiap-tiap mata ujian mesti dikerjakan sebaik bisa jadi & tak ada yg diabaikan.

C. Fakta berkenaan system penilaian SBMPTN

Foto Ujian SBMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negara (SBMPTN) mulai sejak thn 2009dulu memberlakukan system penilaian baru dalam menyeleksi peserta yg bakalmasuk berupa system persentil. System penilaian ini amat sangat berlainan darisystem penilaian kepada SBMPTN tahun-tahun diawal mulanya ygmengakumulasikan jumlah nilai dari mata pelajaran yg diujikan dengan carakeseluruhan atau biasa dinamakan dgn nilai mentah.

Bila masihlah sama dgn thn dulu sehingga penilaian SBMPTN 2014 bakaldilakukan per mata pelajaran yg diujikan dengan cara terpisah. Dari penilaiandengan cara terpisah tersebut nantinya bakal diberikan rangking & peserta ygrangking rata-ratanya agung di seluruh mata pelajaran yg diujikan berpeluanggede lolos. Sedangkan dalam penilaian diawal mulanya, peserta yg cuma dapat diandalkan dalam salah satu mata pelajaran tetap mempunyai mungkin lolos tes masuk.

Maksud dari pemberlakukan system persentil merupakan utk menjaring para peserta SBMPTN yg mempunyai kebolehan lebih komprehensif. Pada Awal Mulanyatidak sedikit kasus peserta yg lolos & di terima oleh satu jurusan di PTN justru tak mempunyai kekuatan yg dapat diandalkan cocok dgn jurusan yg dipilih

#Sumber : Pendidikanindonesia.com