Wednesday, January 27, 2016

Apa Itu Teknik Informatika?

Pengertian / Penjelasan Tentang Teknik Informatika
Alhamdulillah pada kesempatan ini saya hendak ingin berbagi sedikit info mengenai Jurusan Teknik Informatika, Tepatnya saya ingin memberikan informasi tentang Apa sih pengertian/penjelasan dari teknik informatika secara lengkap?. Kita tahu, banyak sekali mahasiswa yang mengambil jurusan ini, dan mengapa sih mereka-mereka mengambil jurusan ini,? Apa sih pekerjaan yang akan di dapatnya setelah lulus dari jurusan ini?
Jawabanya dapat kamu temukan pada artikel saya yang berjudul “Pengertian / Penjelasan Tentang Teknik Informatika“ ini. Tapi sebelumnya kamu harus tahu dulu apa sih jurusan teknik informatika. Teknik informatika adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu komputer, jadi hal yang sangat lumrah kamu temukan adalah berhadapan dengan monitor komputer, karena mahasiswa yang kuliah di jurusan ini sudah tentu setiap harinya pasti akan bertemu dengan komputer.
Informasi Lengkap Tentang Jurusan Teknik Informatika- Banyak sekali perguruan tinggi yang menyediakan jurusan teknik informatika ini, dan di masing-masing perguruan tinggi pastinya memiliki akreditasi yang berbeda-beda. Jadi alangkah lebih baiknya jika kamu mau masuk di jurusan teknik informatika, carilah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan teknik informatika dengan akreditasi yang baik seperti akreditasi A dan minimalnya B.

Apa yang di plajari kuliah di jurusan Teknik informatika?
Seperti yang saya katakan di atas bahwa jika kamu masuk di jurusan ini kamu todak terlepas dari yang namanya komputer, maka sesungguhnya teknik informatika ini pasti akan mempelajari lebih dalam lagi tentang ilmu komputer dan jaringan. Sehingga nantinya akan mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang berkompetensi dan memiliki keahlian di bidang komputer.
Biasanya untuk jurusan Teknik informatika, karena wajib kaitanya tentang komputer maka yang di pelajari pasti sesuatu yang berkaitan dengan komputer, misalnya belajar bahasa pemrograman dan belajar sistem jaringan serta belajar bagaimana cara memafaatkan komputer secara efisien.
Jadi, jika kamu adalah salah seorang yang sangat hobi dengan komputer, maka jurusan ini pasti tepat sekali untuk kamu. Karena yang kamu pelajari nantinya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer, sehingga kamu akan sangat menyukai itu. Dan dengan mempelajari sesuatu yang kamu suka, maka dalam belajar pun kamu tidak akan merasa terbebani oleh pelajaran mu.
Hal yang paling utama yang harus kamu ketahui adalah, jangan membuat diri kamu belajar merasa terpaksa atau terkesan memberatkan diri, karena hal itu dapat menurunkan semangat kamu untuk belajar. Jadi intinya kamu harus optimis sukai semua pelajaran yang ada di fakultasmu agar kamu dapat menguasai pelajaran dengan baik. Sehingga nantinya setamat kuliah kamu akan dapat banyak job, karena orang yang memiliki banyak kemampuan pasti banyak di butuhkan orang. Jadi, kuasailah sesuatu yang tidak banyak orang bisa menguasainya, seperti ilmu komputer, tidak semua orang dapat menguasainya. Dengan begitu lulusan teknik informatika pasti akan banyak dibutuhkan instansi/perusahaan.

Prospek Kerja Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika
Berikut daftar prospek kerja lulusan Teknik informatika!
1. ProgrammerKuliah di jurusan teknik informatika tentu seudah erat kaitanya dengan programmer, yaitu membuat sebuah program yang bermamfaat. Biasanya untuk programmer ini sendiri kamu bisa bekerja untuk membuat perangkat lunak (program) untuk industri, pertelevisian, perbankan, media, instansi tertentu dan masih banyak lagi lainya. Yang intinya adalah untuk memudahkan dalam pengembanganya.
2. Software EngineerKamu juga bisa menjadi seorang software engineer, yaitu bekerja sebagai pengembang software untuk pendidikan, bisnis, hiburan dan lain sebagainya. Dengan menguasai bebagai ilmu selama kuliah, saya yakin pasti kamu bisa menguasainya, asalkan kamu mau belajar dengan giat dan tekun.
3. IT ConsultantLulus di jurusan teknik informatika, kamu bisa menjadi seorang konsultan IT (Teknologi Informasi) dengan berbagai ilmu yang sudah kamu kuasai, seperti bahasa pemrograman, teori teknologi, serta keahlian membuat program berbasis komputer maka kamu juga bisa jadi IT consultant ini.
4. Web EngineerWebsite adalah media informasi yang ada di internet, seperti saat ini yang kamu kunjungi ini adalah sebuah website. Nah dengan kamu menjadi lulusan teknik informatika kamu bisa bekerja sebagai pembuat, perancang atau pengembang sebuah website untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa website.
5. System AnalystSistem analis iyalah pekerjaanya sebagai seorang analis sebuah instansi/perusahaan, dengan mengedepankan teknologi dan memamfaatkan software atau perangkat lunak untuk membuat solusi yang lebih baik dalam memajukan suatu perusahaan.
6. Database EngineerBerbicara mengenai database, tentu yang di bahas adalah data-data. Nah jika kamu lulus di jurusan teknik informatika kamu bisa bekerja di instansi tertentu / perusahaan sebagai pengembang atau pengelola data-data secara teratur agar dapat dapat dicari dengan mudah dan tidak adanya kehilangan data-data tertentu.
7. Software TesterSetelah lulu di jurusan teknik informatika ini, kamu akan di bekali dengan banyak ilmu, sehingga kamu nantinya bisa bekerja sebagai penguji software yang baru diciptakan, apakah sudah sesuai dengan keinginan atau tidak.
8. Game DeveloperDalam pembelajaran teknik informatika, banyak di ajarkan tentang teknik grafis komputer. Dengan menguasai ini sudah ada modal yang dibekali untuk mampu menciptakan sebuah game. Jadi setelah lulus di jurusan ini kamu bisa membuat game dan menjualnya secara online, sehingga kamu bakalan dapat uang yang banyak dari hasil penjualan game itu.
9. Computer NetworkKomputer network adalah pekerjaan yang bertugas untuk merancang arsitektur dan pembangunan suatu jaringan. Dan ini merupakan sebuah peluang bagi kamu yang lulus di jurusan teknik informatika, karena di era saat ini jaringan sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak dan sudah dijadikan sebagai konsumsi bagi perangkat komunikasi yang dimiliki.
10. Intelligent System DevelovperYaitu bekerja sebagai pengembang perangkat lunak yang bersifat intelejen, seperti system pakar, sistem prediksi dan lain sebagainya.
Akhir kata yang dapat saya ucapkan.!
Beberapa prospek kerja di atas adalah amalan pengetahuan yang sedikit tidaknya dapat saya bagikan kepada kamu yang lagi butuh informasi tentang teknik informatika. Semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat menentukan pilihanmu untuk masuk di jurusan ini, yaitu jurusan “Teknik informatika”. Sekali lagi saya tegaskan kepada kamu, kalo ingin memilih perguruan tinggi dengan jurusan teknik informatika silahkan pilih yang memiliki akreditasi baik, yaitu dengan akreditasi “A” atau minimal akreditasinya “B” karena itu nantinya akan berpengaruh terhadap diri kamu sendiri. Bagaimana, Apakah kamu tertarik untuk kuliah di jurusan “Teknik Informatika”? Semua pilihan ada di tanganmu.

0 komentar:

Post a Comment