Sunday, January 31, 2016

Jurusan Yang Kurang Diminati Tapi Prospek Kerjanya Bagus



1. Ilmu Perpustakaan

Di beberapa kampus/universitas, jurusan ilmu perpustakaan ini masuk ke fakultas ilmu budaya (FIB) atau fakultas ilmu sosial dan politik (FISIP) tapi gak ada bedanya sih. Di jurusan ini selain ilmu sosial, lo juga akan belajar hukum dan teknik yang berkaitan dengan cara mengelola atau menyebarluaskan informasi.
Prospek: Lulusan ilmu perpustakaan punya prospek kerja cukup luas mulai jadi programmer, sekretaris sampai document controller di perusahaan minyak atau kepolisian. Universitas yang punya jurusan ilmu perpustakaan antara lain: UI, UGM, UNS, UNDIP, UNAIR, UIN, dll.

2. Ilmu Arkeologi

Pernah lihat film National Treasure, atau Tomb Raider kan? Kalo suka banget sama film kayak gitu, bisa jadi lo juga bakal suka kuliah di jurusan arkeologi. Sewaktu kuliah lo bakal sering studi lapangan di tempat-tempat yang jarang didatengin orang, gali tanah kayak cari harta karun dan tetap dibayar!
Prospek: Karir lulusan ilmu arkeologi bisa jadi peneliti atau ahli benda-benda peninggalan sejarah. Universitas yang terkenal dengan jurusan arkeologinya adalah UI, UGM, UNHAS dan UDAYANA.
 3. Sastra Jawa
Ini nih yang sering jadi bahan ejekan anak sekolah, emang sih gak semua juruan sastra sepi peminat; misalnya sastra Inggris, sastra Jepang atau sastra Indonesia tetap banyak peminatnya tapi coba tengok sastra daerah lainnya. Bukan cuma bahasa, lo juga bisa belajar budaya daerah yang seru-seru mulai dari musik, pakaian, makanan, dll.
Prospek: Lulusan jurusan sastra daerah bisa kerja sebagai pengajar, kerja di media massa, kerja di museum, seniman atau jadi peneliti di perusahaan negara. Universitas yang punya jurusan sastra jawa adalah UI, UNNES, UGM dan UNS.
 4. Ilmu filsafat
Denger kata filsafat rasanya udah ngeri aja yaa… tapi lebay ah kalo bilang begitu. Ilmu filsafat itu keliatannya ribet karena memang di jurusan ini kita akan belajar perilaku dan fenomena manusia, bersikap kritis pada apapun untuk menemukan solusi dari permasalahan.
Prospek: Setiap perusahaan bisa rekrut para filsuf untuk menyelesaikan masalah SDM atau apapun walau di Indonesia memang belum banyak yang cari lulusan jurusan ini. Universitas yang memiliki jurusan filsafat ini adalah: UI & UGM.

5. Ilmu Astronomi

Kalo dari kecil lo sering lihat bintang-bintang di langit, suka banget main ke teropong binta boscha di Bandung berarti lo ada minat buat kuliah di ilmu astronomi.
Prospek: Memang jarang banget yang kuliah di jurusan ini, tapi bukan berarti lulusannya bakal nganggur karena lo bisa jadi peneliti di lembaga pemerintahan misalnya LAPAN, LIPI atau BMKG. Dan tempat universitas yang ada jurusan astronomi di Indonesia cuma ITB.

6. Seni peran

Pasti banyak yang kepengen jadi artis sinetron atau film tapi berapa banyak sih yang mau buat belajar akting di kuliah? rata-rata anak jaman sekarang kalo ditanya paling kepengen kuliah di seni rupa dan desain. Padahal seni peran atau teater juga gak kalah keren.
Prospek: Kalo lo beruntung dan mau kerja keras maka bukan gak mungkin lo bisa jadi bintang film internasional atau bisa juga jadi produser atau sutradara setelahnya.

7. Kehutanan

Beda dengan IPB yang fokusnya ke pertaninan, kalo di fakultas ini lo bakal lebih banyak belajar tentang hutan tapi bukan berarti lo lulus bakal jadi penjaga hutan atau tarzan. Lo bakal dibekali ilmu tentang sumber daya alam yang penting dan dicari oleh perusahaan yang bisnisnya kelola SDA.
Prospek: Gak mesti kerja di perusahaan sih, contohnya Joko Widodo (Jokowi) itu lulusan fakultas kehutanan UGM lho. Dan gak cuma di UGM, lo bisa belajar di fakultas kehutanan di IPB, USU, UNLAM, dll.

8. Teknik perkapalan

Biasanya sih kalo ditanya, banyak bilang kuliah di teknik mesin, elektro atau teknik sipil kayak ‘si doel anak sekolahan’. Tapi yang ini beda nih, namanya teknik perkapalan dan udah pasti belajar soal kapal laut dan segala macam yang bisa ngambang di air.
Prospek: Selama masih ada perusahaan minyak, maka lo gak akan nganggur karena lulusan teknik perkapalan dibutuhkan buat pembuatan kapal laut dan lo juga bisa kerja di perusahaan kapal kayak PT. PAL. Selain di UI lo juga bisa kuliah teknik perkapalan di ITS, UNDIP, dll.

9. Manajemen transportasi

Selama manusia sering berpindah-pindah, selama masih ada mobil, kapal dan pesawat maka lulusan manajemen transportasi masih dibutuhin. Karena di jurusan manajemen transportasi lo bakal belajar manajemen lalu lintas kendaraan baik itu darat, laut ataupun udara.
Prospek: Lo bisa kerja di bandara, pelabuhan atau DLLAJ, kerjanya juga seru apalagi kalo lo emang suka liatin kendaraan lalu-lalang. Kalo tertarik, lo bisa belajar di STMT Trisaksi atau UNJ.

10. Teknik kelautan

Hampir mirip sama teknik perkapalan, tapi belajar sistem desain anjungan lepas pantai yang biasa dipakai buat ngebor minyak bumi atau gas dan belajar sistem pipa untuk transfer minyak bumi.
Prospek: Nah, lulusan teknik kelautan biasanya banyak dicari perusahaan minyak semacam Pertamina atau Petronas. Dan lo bisa belajar teknik kelautan di UNHAS, ITB, ITS atau IPB, dll.

0 komentar:

Post a Comment