Friday, February 19, 2016

Unsyiah buka 5 prodi baru


Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh membuka lima program studi baru pada tahun ajaran 2016/2017. Empat di antaranya prodi jenjang sarjana (S-1) dan satu lagi program magister alias Srata 2.
Kepala Humas Unsyiah, Ilham Maulana mengatakan, pembukaan kelima prodi baru ini sudah mendapat persetujuan dan Surat Keputusan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).
Prodi baru yang bisa dipilih calon mahasiswa S-1 adalah Kehutanan, Teknik Komputer, Proteksi Tanaman, serta Perencanaan Wilayah dan Kota. Sedangkan di jenjang S-2, ada Prodi Magister Teknologi Industri Pertanian.
"Keempat prodi baru S1 Unsyiah tersebut juga mulai menerima mahasiswa baru melalui semua jalur masuk ke Unsyiah tahun ini," kata Ilham di Banda Aceh, Senin (1/2/2016).
Jalur masuk dimaksud adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan jalur mandiri. Unsyiah menyediakan 6.850 kuota kursi untuk menampung mahasiswa baru tahun ini.
"Masing-masing prodi baru program sarjana ini akan menampung 40 orang mahasiswa baru dari ketiga jalur masuk," tukas dosen Fakultas MIPA Unsyiah ini.
Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal, berharap seluruh prodi baru yang dibuka di Unsyiah dapat memperluas akses pendidikan tinggi bagi masyarakat. "Keempat prodi S-1 ini juga dapat memberi alternatif pilihan bagi para calon mahasiswa baru Unsyiah," ujarnya.
Dengan dibukanya empat prodi baru ini, maka secara keseluruhan Unsyiah telah memiliki 63 prodi S1 yang bisa dipilih calon mahasiswa baru lewat pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN tahun ini. Unsyiah kini juga sudah memiliki 28 prodi magister (S-2) dan tujuh prodi doktoral (S-3). Kampus terbesar di Aceh ini juga punya program pendidikan spesialis, program pendidikan profesi, serta program Diploma III.
(

0 komentar:

Post a Comment